• Berita Terbaru

    March 30, 2019

    elnusanews/com , March 30, 2019

    Konsisten Berlakukan Kebijakan Pro Rakyat, Santunan Duka 7 Juta James Sumendap Berdampak Positif Bagi Peradaban Sosial Kemasyarakatan



    MITRA, Elnusanews - Komitmen untuk memberikan perhatian bagi seluruh rakyat di Kabupaten Minahasa Tenggara, khususnya bagi masyarakat yang berduka dibuktikan Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati, dengan dana duka sebesar Rp 7.000.000 setiap keluarga yang mengalami kejadian. Kebijakan pro rakyat yang merupakan satu-satunya di Indonesia ini, secara langsung telah memberikan dampak besar terhadap peradaban sosial kemasyarakatan di Minahasa Tenggara. 
      

    Sampai akhir triwulan pertama, sebayak 263 keluarga di Kabupaten Minahasa Tenggara telah mendapatkan sentuhan langsung dari kebijakan pro rakyat tersebut, dengan nilai anggaran mencapai Rp 1.841.000.000. Semenjak program digulirkan pada 2017, jumlah dana yang digelontorkan Pemkab Mitra untuk dana duka mencapai Rp 15, 9 miliar. 

    Pola penyaluran pun tak harus menunggu lama, dengan proses pelaporan yang terkoordinasi dari desa, kecamatan, sampai ke kabupaten, keluarga yang berduka bisa dengan cepat mendapatkan bantuan sosial tersebut. 

    Program ini pun diklaim dapat sangat membantu serta meringankan beban setiap keluarga yang mengalami kedukaan. Adapun Bupati James Sumendap menjamin terus konsisten memperhatikan kepentingan publik sebagai objek layanan utama sistem tata kelola pemerintahan. 


    "Yang pasti program ini akan dilanjutkan selama kepemimpinan saya sebagai Bupati Mitra. Saya pun berharap dengan santunan dana duka ini bisa dimanfaatkan masing-masing tiap penerima. Yang pasti ini semua saya persembahkan bagi rakyat Mitra yang telah mempercayakan saya," jelas Bupati yang telah melakukan perubahan di Kabupaten Mitra ini. 
    Sementara pengamat politik dan pemerintahan Universitas Sam Ratulangi Manado Jovano Alva Pelenewan memberikan apresiasi kepada Bupati James Sumendap yang sangat peduli akan kesejatraan Masyarakat di Mitra. 
     "Menyangkut Bupati James Sumendap memberikan bansos kepada masyarakat lewat dana duka tentu ini perlu di apresiasi dalam politik anggaran pemda Mitra. Dan hai ini sebagai gambaran bentuk kepedulian pemda mitra kepada masyarakat," Jovano Alva Palenewen, M.A, Pengamat Politik dan Pemerintahan Universitas Sam Ratulangi Manado. 

    Hal yang sama dikatakan toko masyarakat Mitra Drs Ronny Gosal, Msi bahwa, dana duka sebesar 7 Juta bagi warga yang terkena duka adalah program spektakuler karena sangat membantu masyarakat untuk itu Saya salut kebijakan Bupati JS dan ini harus di lanjutkan. 
    “Dana duka ini merupakan program kemanusian. Karena angka 7 Juta yang diberikan Pemerintah kepada tiap penerima adalah spektakuler dan sangat membantu masyarakat yang berduka. Sebagai tokoh masyarakat Mitra, saya salut dengan kebijakan ini dan berharap terus dilanjutkan karena dampak positifnya besar bagi publik," ujar Ronny. 
    Adapun grafis penyaluran dana duka tersebut, Grafis penyaluran Dana Duka: Di tahun 2017: Rp 7.686.000.000 Tahun 2018: Rp 6.468.000.000 Tahun 2019 hingga Triwulan I: Rp 1.841.000.000 Total anggaran : 15.995.000.000 



     (Advetorial) (Jo)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Konsisten Berlakukan Kebijakan Pro Rakyat, Santunan Duka 7 Juta James Sumendap Berdampak Positif Bagi Peradaban Sosial Kemasyarakatan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top