• Berita Terbaru

    March 28, 2019

    elnusanews/com March 28, 2019

    Menpar Arief Yahya Resmikan Pasar Hutan Ranolewo Langowan

    MINAHASA, Elnusanews - Menteri Pariwisata RI Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Minahasa dengan agenda peninjauan Danau Air Panas Ranolewo dan meresmikan Pasar Hutan Ranolewo di Desa Toraget Kecamatan Langowan Utara pada Kamis 28/3 pagi hingga siang tadi. 

    Dalam kunjungannya, Menpar Arief Yahya disambut langsung oleh Bupati Minahasa yang diwakili oleh Sekdakab Jeffry Korengkeng, SH. M.Si didampingi oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo, SE, M.Si, segenap pejabat Pemkab, Camat Langowan Utara Drs Teddy Sumual, para Camat dan Hukum Tua di Langowan raya, serta pimpinan Generasi Pesona Indonesia (GENPI) Sulut. 

    Sedangkan Menpar Arief Yahya tampak didampingi oleh Kadis Pariwisata Provinsi Sulut Daniel Mewengkang, SE. M.Si, Puteri Pariwisata Indonesia 2018 Gabriella Mandolang, Staf Khusus Gubernur Sulut Hanny Joost Pajouw serta rombongan lainnya. 


    Selama 5 jam berada di Minahasa, Menpar yang tampak enjoy ini disuguhi dangan hiburan Musik Bambu Klarinet, Musik Kolintang, Tarian Kabasaran, sajian lagu-lagu oleh Annet Indonesia Idol Cilik dan Bassgilano Grup serta Stand Up Comedy Josua Jobe. 

    Dalam sambutannya, Menpar Arief Yahya memberikan apresiasi atas terobosan GENPI Sulut yang mengembangkan Pasar Hutan Ramolewo dimana ini adalah yang pertama di Sulawesi Utara dan secara nasional sejauh ini sudah yang ke-55. 

     "Itu artinya tinggal 45 Pasar Hutan dari target nasional di tahun 2019 ini, dimana hal tersebut akan diramu dalam konsep digital dan diviralkan oleh kaum milenial melalui media sosial masing-masing," kata Menpar. 

    Ditambahkannya, pihak Kemenpar RI bisa menerima usulan lain terkait pasar hutan untuk selanjutnya dikembangkan melalui sinergitas semua pihak termasuk kaum milenial dan media digital. Kemenpar sendiri akan menggelar lomba video digital yang mengangkat potensi wisata yang ada di setiap daerah dan hal itu diharapkan partisipasi dari kaum milenial. 

    Terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dimana kemarin dirinya bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Sulut Steven Kandouw sudah menetapkan di Likupang Minahasa Utara, Pemerintah Daerah termasuk Kabupaten Minahasa masih boleh mengusulkan pula. 

    “Pemerintah Daerah boleh mengusulkan lebih dari satu untuk KEK ini, yang penting terpenuhi semua unsur-unsurnya” ungkap Menpar. Sementara Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng mengatasnamakan Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring, M.Si dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si mengucapkan selamat datang kepada Menpar Arief Yahya dan terima kasih atas kesediaan mengunjungi Kabupaten Minahasa. 

    “Saya menyampaikan salam hormat dari Bapak Bupati yang saat bersamaan ini sementara menghadiri Pembukaan Konfrensi Gereja dan Masyarakat PGI se-Indonesia dimana kegiatan tersebut Bapak Bupati menjadi Ketua Umum Panitia” urai Sekda Korengkeng.

    Korengkeng menguraikan berbagai potensi destinasi wisata yang ada di Minahasa meliputi wilayah sekitar Danau Tondano, wilayah Pantai Timur dan Pantai Barat Minahasa, Bukit Kasih dan objek wisata lainnya termasuk di Danau Ranolewo ini. 

    Diharapkan Korengkeng dengan adanya kunjungan Menpar di daerah ini ke depan nanti akan ada dukungan dan bantuan dalam mengembangkan berbagai potensi destinasi pariwisata di Kabupaten Minahasa. 

    Akhir dari kegiatan tersebut, Sekda Jeffry Korengkeng mengatasnamakan Bupati Minahasa menyerahkan Cinderamata Plaket Lambang Minahasa dengan logo Burung Manguni kepada Menteri Arief Yahya.

    (jhonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menpar Arief Yahya Resmikan Pasar Hutan Ranolewo Langowan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top