• Berita Terbaru

    March 28, 2019

    elnusanews/com , March 28, 2019

    Didampingi Bupati ROR, Gubernur Olly Buka Kegiatan KGM X PGI

    MINAHASA, Elnusanews - Didampingi Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring, M.Si sekaligus ketua panitia, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE yang juga selaku Ketua Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa PGI membuka Konferensi Gereja dan Masyarakat (KGM) X Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) di Hotel Sutan Raja Convention Hall, Minahasa Utara (Minut), Kamis (28/03/2019). 

    Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si selaku Ketua Umum Panitia Pelaksana dalam laporan menyapaikan rasa syukur karena Pekerjaan Gerejawi ini boleh terlaksana. 

    Menurut Bupati ROR, pekerjaan kepanitiaan Konferensi Gereja dan Masyarakat (KGM) X PGI 2019 ini, didasarkan pada penugasan dan kepercayaan MPH-PGI melalui SK MPH-PGI Nomor : 002/PGI-XVVSKEP/2019. 

    “Dalam menyiapkan kegiatan ini kami telah melakukan langkah-langkah persiapan melalui rapat-rapat, surat-menyurat sambil berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Pelaksanaan Kegiatan ini mulai tanggal 27-31 Maret 2019 di Hotel Sutan Raja, Minut dengan peserta adalah perutusan Pimpinan Gereja-gereja di Indonesia, Pimpinan Ormas Kristen, Pimpinan Organisasi Sosial Kemasyarakatan Kristen, Pimpinan Perguruan Tinggi Kristen dan Tokoh-tokoh Kristiani,” terang ROR. 


    Dia meyakini bahwa suksesnya Konferensi Gereja dan Masyarakat ini tidak hanya bergantung pada aspek teknis penyelenggaraan berbagai rangkaian acara oleh panitia, tetapi juga pada bagaimana proaktif dan kontributifnya peserta dalam memanfaatkan agenda ini, sebagai tempat bermusyawarah dan berkomunikasi, tentang berbagai situasi sosial masa kini sebagai bagian dari pelayanan PGI dan gereja-gereja anggota dalam mengimplementasikan tugas gereja bersekutu, bersaksi dan melayani. 

    ROR juga menyampaikan terima kasih kepada MPH-PGI atas kepercayaan melaksanakan Konferensi gereja dan masyarakat ke-X PGI 2019. “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” Galatia 6:2. 

    Gubernur Olly Dondokambey, SE atas nama Pemerintah Provinsi dan Masyarakat Sulawesi Utara, mengucapkan selamat melaksanakan dan mengikuti Konferensi Gereja dan Masyarakat X PGI kepada para peserta. 

    “Kiranya kegiatan ini mampu menjadi media evaluasi serta pemantapan peran Hamba Tuhan, khususnya dalam menghadirkan peiayanan Gereja yang berkualitas menuju Indonesia yang toleran, bermartabat dan berkeadilan,” tandas Gubernur Olly. 

    Perkembangan dunia telah memperhadapkan Gereja pada suatu kondisi pelayanan yang semakin berat dan kompleks, sehingga Gereja semakin dituntut secara berkelanjutan melakukan penataan, serta pembenahan di berbagai aspek, agar tatanan kehidupan umat Tuhan tidak terbuai dengan kondisi yang dapat mengakibatkan merosotnya kualitas Iman Jemaat, serta makin memudarnya motivasi untuk mengikuti Kristus. 

    “Mengantisipasl kondisi demikian, maka tentulah upaya konstruktif dan terarah, melakukan langkah introspeksi dan evaluasi terhadap setiap program pelayanan yang telah dilakukan hingga saat inl, termasuk pembenahan sekaligus penataan sistem pelayanan di lingkungan Gereja menjadi satu hal yang panting dan urgen, guna eksisnya pelayanan kedepan,” kata Gubernur Olly. 

    Untuk Itu, Gereja-Gereja di Indonesia haruslah menyatukan visi, misi serta persepsi pelayanan seluruh komponen, guna terciptanya pola pelayanan efektif yang mencerminkan karakter Kristus dengan berbagai buah-buah roh, sehingga dalam eksistensinya Gereja mampu merumuskan dan menghasilkan jalan keluar terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan bergereja dan bernegara serta selalu solid dengan seluruh komponen bangsa dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila, guna menanggulangi kemiskinan, ketidakadilan, radikalisme dan kerusakan lingkungan. 

    “Saat ini dan kedepan, Gereja harus memainkan peranannya dalam membangun karakter bangsa dengan memberikan pencerahan-pencerahan etik, moral dan spiritual kebangsaan, baik dari nilai-nilai agama, maupun nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, sebagai upaya mencari titik kesamaan dan pandangan yang sama tentang kehidupan berbangsa yang berkeadilan,” ujarnya. 

    Diapun mengharapkan kepada para Peserta KGM X-PGI, agar dapat membawa Gereja-Gereja di Indonesia pada peran dan sumbangsih yang semakin strategis, proaktif, dan sinergis, sejalan dengan arah kebijakan dan program kerja Pemerintah. Kedepannya, warga Gerja, warga Bangsa Indonesia harus senantiasa berada dalam satu tekad, komitmen, dan harus senantiasa memiliki rasa solidaritas yang tinggi dalam menggelorakan semangat berkarya, meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial serta memberikan sumbangsih terhadap upaya pembangunan yang dijalankan Pemerintah, demi kesejahteraan bersama.

    Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si, Ketua MPH PGI Pdt. Dr. Hendriette T. Hutabarat- Lebang, Para Ketua Sinode Gereja-Gereja Anggota PGI, Forkopimda Provinsi Sulut, Para Bupati/Walikota Wakil Bupati/Wakil Walikota se-Provinsi Sulut, Pimpinan Instansi Vertikal, Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny Ch. M. Roring-Lumanauw, SIP, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Para peserta KGM dan Undangan. 

    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Didampingi Bupati ROR, Gubernur Olly Buka Kegiatan KGM X PGI Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top