• Berita Terbaru

    November 05, 2020

    elnusanews/com , November 05, 2020

    ROR-RD hadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka HUT ke 592 Kabupaten Minahasa

    MINAHASA, Elnusanews - Bupati  DR. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si dan Wakil Bupati DR. Robby Dondokambey, S.Si menghadiri rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 592 Kabupaten Minahasa.

    Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, SE tersebut berlangsung di kompleks monument benteng moraya Tondano, Kamis 5/11/2020.

    Dalam kesempatan tersebut Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si mengatakan selamat hari jadi ke 592 Kabupaten Minahasa.  

    “Selaku Bupati beserta wakil menyampaikan selamat hari jadi Kabupaten Minahasa ke 592 kepada seluruh masyarakat Minahasa. Tuntunya saya mengajak kepada kita semua untuk bersyukur karena kesemuanya ini atas tuntunan dan berkat Tuhan yang maha Esa, sehingga pada hari ini tanah toar lumimuut tercinta boleh diperkenankan merayakan hari jadi.” Kata Bupati

    Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa, perayaan Hari Jadi Minahasa tahun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat covid-19, sehingga dilaksanakan secara sederhana namun tidak mengurangi sukacita dan kegembiraan walau dilaksanakan dengan berbagai keterbatasan dan harus menerapkan protokol kesehatan. 

    “Sebagai Bupati dan Wakil yang langsung dipilih oleh rakyat Minahasa tuntunya saya merasa bangga dan senantiasa termotivasi untuk mengaktualisasikan nilai-nilai yang diwariskan oleh pahlawan nasional putra Minahasa DR. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi, lewat falsafah perjuangan beliau yaitu "Si Tou Timou Tumou Tou" yang bermakna bahwa Manusia Hidup untuk Memanusiakan Orang Lain.” Ujarnya.

    Lanjut dikatakanya bahwa ROR RD telah berkomitmen untuk membangun minahasa mewujudkan visi Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.  

    “Berbagai capaian pembangunan sudah mulai dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat minahasa, geliat ekonomi minahasa makin menunjukan trend yang  baik, Iklim investasi daerah makin baik, kinerja ekonomi daerah ini tentu memberikan kontribusi, penurunan angka kemiskinan dan angka pengangguran dalam 3 tahun. Pengembangan sektor-sektor ekonomi daerah seperti pariwisata, pertanian, perikanan dan kelautan dan koperasi akan terus dimaksimalkan dalam memacu kinerja ekonomi daerah, dan dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak.” Jelasnya

     

    “Di bidang pemerintahan, lanjutnya, fungsi pelayanan publik dirasakan makin baik dengan wadah R3D Call Center, yang menjadi sarana untuk menyampaikan berbagai keluhan masyarakat dan respon cepat (Quick Respons) untuk menjawab keluhan tersebut. Sinergitas pemerintahan daerah makin efektif, kinerja keuangan daerah juga makin baik. Kab. Minahasa dalam audit Badan Pemeriksa Keuangan sampai saat ini sudah 6 kali memperoleh Wajar Tanpa Pengecualian secara berturut-turut. Pelaksanaan program menyentuh kepentingan masyarakat Minahasa seperti bantuan seragam sekolah bagi anak kelas 1 SD dan 7 SLTP, Program bantuan dana duka, BPJS Ketenagakerjaan yang makin meluas dengan dukungan ASN melalui ASN Care, Bantuan keluarga yang terkena bencana, Bantuan tas ramah lingkungan bagi setiap keluarga di Minahasa serta mengcover rakyat Minahasa melalui BPJS Kesehatan telah di aktualisasikan.” Ungkapnya.

    “Bidang Kemasyarakatan dimana kondisi stabilitas daerah Kab. Minahasa makin Kondusif sehingga stigma-stigma Minahasa masa lalu saat ini tinggal menjadi bagian dari perjalanan sejarah minahasa, beliau berkeyakinan dengan dukungan dari Forkopimda dan tokoh-tokoh agama serta tokoh masyarakat dengan topangan dari seluruh rakyat minahasa akan mampu mewujudkan minahasa yang aman dan damai. Perjuangan memutus mata rantai Covid-19, mengobati yang sakit dan mencegah kematian sudah di lakukan, untuk itu ROR RD atas nama pemerintah Kab. Minahasa dan Rakyat Minahasa menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada dokter dan perawat serta seluruh petugas kesehatan, kepada tokoh masyrakat, para relawan awak media, aparat TNI dan POLRI serta para ASN di Tanah Toar Lumimuut yang tanpa lelah memberikan tenaga dan pikiran dan kepada semua pihak yang ikut membantu penyaluran bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19.” Katanya.

    Diakhir sambutannya Bupati ROR berharap ada  topangan, dukungan, sinergitas, baik pimpinan dan anggota DPRD Kab. Minahasa,  Forkopimda Minahasa, Jajaran Pemerintah Kabupaten, Instansi Vertikal, Perbankan, Dunia Usaha, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Partai Politik, LSM, Insan Pers, serta semua pihak yang senantiasa mengalikan dukungan dalam berbagai berbagai bentuk untuk membangun minahasa tercinta ini dan juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas semua bentuk sinergitas yang senantiasa diaktualisasikan sampai saat ini, untuk minahasa makin berkembang dan makin maju, serta makin Hebat Kedepan.

    Perlu diketahui, Selain syukur HUT Minahasa, juga dirangkaikan dengan pemberian gelar adat kepada Bpk. DR. Jan Maringka, SH, MH sebagai Tonaas Wangko Gumi'iroth Um Banua dan Ibu DR. Ir.  Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA, yang langsung diberikan oleh majelis adat kebudayaan Minahasa, dimana dipandang layak untuk memperoleh gelar tersebut.

    Gelar adat ini merupakan penghargaan dan penghormatan masyarakat minahasa atas dedikasi dan pengabdian yang sudah disumbangsihkan bagi bangsa dan negara di berbagai bidang.

    Hadir dalam Acara ini Pjs. Gubernur Sulawesi Utara Dr. Agus Fatoni, Staf Ahli Kejaksaan Agung Dr. Jan Samuel Maringka, SH, MH, Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen, SH, Wakil Bupati Minahasa DR. Robby Dondokambey, S.Si, Kepala Kejaksaan Tinggi  Sulawesi Utara Andi Muh. Iqbal Arif, SH, MH, Danlamtamal VIII Manado TNI (MAR) Donar Philip Rompas, Irdam XIII Merdeka Kodam Brigjen TNI Junior Tumilaar, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Prince Putong, SH, Danlautsri Kolonel Penerbang Abram Robert Tumanduk, S.Sos, Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen J. Kumaat, M.Sc, DEA, Ketua DPRD Kab. Minahasa Glady Kandouw, SE, Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Frits Muntu, S.Sos, Bupati Minahasa Periode Thn 2003-2013 Drs. Vreeke Runtu, Pjs. Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey, S.STP, Wakil K3 Surabaya Stenly Haryanto Lukas, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Minahasa Dra. Fenny Roring-Lumanauw, SIP, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, SE, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Minahasa, dan Jajaran Pemerintah Kab. Minahasa serta Tamu dan Undangan. (ADVETORIAL)

    (Jonly bamz)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: ROR-RD hadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka HUT ke 592 Kabupaten Minahasa Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top