• Berita Terbaru

    July 10, 2022

    elnusanews/com , July 10, 2022

    Pastikan Hewan Kurban Bebas PMK, Tim Distanakda Sulut Periksa Kelayakan Hewan



    SULUT,Elnusanews - Tim dari Dinas Pertanian dan Perternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dipimpin langsung oleh Plh. Kepala Distanakda Sulut, Nova Wilhelmina Pangemanan turun lapangan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah di sejumlah lokasi tempat pemotongan hewan kurban di wilayah Sulawesi Utara (Sulut).
     
    Selama turun lapangan, tim Distanakda Sulut belum menemukan hewan kurban yang memiliki penyakit.

    "Tim memeriksa hewan kurban ke lapak-lapak penjualan yang ada di wilayah Sulawesi Utara (Sulut) dan sampai saat ini belum ditemukan hewan kurban, baik kambing maupun sapi yang berpenyakit," kata Plh. Kepala Distanakda Sulut, Nova Wilhelmina, Minggu (10/7/2022) kepada elnusanews.com.

    Dia mengungkapkan bahwa pemeriksaan hewan kurban ini guna menjamin daging kurban benar-benar aman dan bebas dari bakteri atau penyakit mulut dan kuku (PMK).

    "Tim Distanakda Sulut dibagi beberapa kelompok  melakukan tugas pemeriksaan kesehatan hewan. Jadi pemeriksaan sebelum dipotong biasanya dilakukan di masjid atau tempat pemotongan satu hari sebelumnya setelah hewannya sudah dikumpulkan atau tempat pemotongan kemudian kami juga melakukan pengecekan organ setelah dipotong," kata dia.

    Dia meminta masyarakat agar memperhatikan kesehatan hewan kurban yang akan dibelinya. Ada beberapa ciri hewan itu sehat di antaranya aktif, nafsu makan baik, badan bersih, matanya mengkilap dan kelengkapan anggota tubuhnya normal.

    Adapun tugas tim teknis/ petugas kesehatan hewan dilapangan meliputi : 

    1. Memeriksa ternak ante mortem dan post mortem 

    2. Melakukan edukasi kepada panitia kurban di mesjid.

    3.Pemeriksaan penyakit ternak termasuk PMK.

    Sebelumnya, Sabtu (9/7/2022) kemarin, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyerahkan 121 ekor sapi hewan kurban dalam perayaan Idul Adha tahun 2022.

    Penyerahan secara simbolis oleh Gubernur Olly Dondokambey kepada Badan Tamirul Masjid (BTM) Achmad Yani di Jalan WR Supratman, Komo Dalam, Kota Manado.

    "Ada sekira 100 Masjid mendapatkan bantuan kurban sapi," ujar Gubernur didampingi Pj. Sekprov Praseno Hadi, Kaban BKD Sulut Clay Dondokambey, Kepala Biro Kesra Sulut Fereydi Kaligis, Kepala Adpim Abdulllah Mokoginta. 

    Kepedulian Gubernur kepada warga Sulawesi Utara khususnya kepada umat muslim yang akan merayakan Idul Adha, apalagi masih dalam kondisi pandemi covid - 19.

    "Pemerintah hadir di tengah masyarakat yang akan merayakan Idul Adha lewat bantuan Sapi Kurban," katanya. Sembari mengucapkan Selamat Idul Adha bagi Umat Islam di Provinsi Sulut. 

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pastikan Hewan Kurban Bebas PMK, Tim Distanakda Sulut Periksa Kelayakan Hewan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top