• Berita Terbaru

    November 15, 2023

    elnusanews/com November 15, 2023

    Hadapi Pemilu dan Pilkada 2024, Pemkot dan Bawaslu Gelar Penandatangan MoU Netralitas ASN




    TOMOHON,Elnusanews - Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH, menghadiri dan membuka
    kegiatan Sosialisasi Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024, bertempat di Emera Hills Tomohon Utara. Rabu, (15/11/2023).

    Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH dalam sambutannya menyampaikan
    atas nama pemerintah kota Tomohon, dirinya menyambut baik serta rasa bangga atas pelaksanaan kegiatan ini, yang dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pemerintah Kota Tomohon untuk mengambil peran dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024.

    "Pemilih umum juga pemilihan kepala daerah secara langsung oleh rakyat guna menghasilkan pemerintahan negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," ucapnya.

    Lanjut Walikota, Slsosialisasi ini bertujuan agar pesta lima tahunan ini berjalan dengan baik dan efektif.

    "Saya berharap partisipasi masyarakat yang tinggi sehingga masyarakat datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya, juga masyarakat memiliki peningkatan kesadaran bahwa satu suara sangat penting dalam turut menentukan nasib Bangsa," harapnya.

    Dikatakan Walikota Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024 merupakan pesta demokrasi terbesar yang akan menentukan perjalanan bangsa indonesia dalam lima tahun ke depan. Di mana dalam satu tahun, masyarakat akan menggunakan hak pilihnya dengan begitu banyak calon pejabat publik dan hari pemungutan suara jatuh pada tanggal 14 februari 2024 untuk pemilihan umum (pemilihan Presiden dan wakil Presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD Kabupaten/Kota dan anggota DPD), sedangkan untuk pilkada apabila tidak ada perubahan akan dilaksanakan pada tanggal 27 november 2024.

    "Pemerintah Kota Tomohon dalam rangka mensukseskan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah yaitu salah satunya dengan memberikan hibah berupa dana kepada KPU Tomohon dan Bawaslu Kota Tomohon untuk dipergunakan dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024. Pemerintah kota Tomohon juga dalam mendukung sukses pelaksanaan pemilu menugaskan personel ASN/Non ASN pada sekretariat PPK, Panwascam dan PPS, Selain itu penyediaan sarana untuk ruangan kerja Sekretariat PPK di Kecamatan dan PPS di kantor kelurahan. Selain itu penugasan satuan Linmas di masing-masing TPS," bebernya.

    Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan bangsa dan Politik Daerah Kota Tomohon Stenly Mokorimban, SH menyampaikan
    tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pendidikan politik masyarakat dan pemahaman tentang Pemilihan umum dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024 berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    "Dan terciptanya pelaksanaan Pemilihan umum dan Pemilihan Kepala daerah tahun 2024 yang aman, lancar dan sukses di Kota Tomohon," ujarnya.

    Pada kegiatan itu pula dilaksanakan  Penandatanganan Nota Kesepahaman antara pengawas pemilihan umum Kota Tomohon dan pemerintah Kota Tomohon tentang pengawasan Netralitas Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintah Kota Tomohon pada Pemilihan Umum dan Pilkada Serentak tahun 2024.

    Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Kota Tomohon Stenly Kowaas, SP, Plh mengatakan MoU ini adalah bentuk komitmen bersama Pemkot dan Bawaslu Tomohon, untuk menciptakan iklim demokrasi yang diwarnai dengan netralitas ASN di jajaran Pemkot Tomohon.

    "Bawaslu akan selalu mengedepankan prinsip pencegahan. MoU ini diharapkan jadi upaya untuk menghadirkan ASN Tomohon yang netral di Pemilu dan Pilkada 2024," harapnya.

    Turut Ketua Bawaslu Kota Tomohon Stenly Kowaas, SP, Plh. Ketua KPU Tomohon Deysi Soputan,SPd, Jajaran Pemkot Tomohon, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

    (roker/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hadapi Pemilu dan Pilkada 2024, Pemkot dan Bawaslu Gelar Penandatangan MoU Netralitas ASN Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top