• Berita Terbaru

    November 21, 2023

    elnusanews/com November 21, 2023

    Mempermudah Masyarakat, Dishub Minut Mengelar Sosialisasi Pambayaran Retribusi 'Parkir Kejujuran'


    MINUT, Elnusanews-- Dinas Perhubungan (Dishub), Selasa 21 November 2023, menggelar kegiatan Sosialisasi Tentang Pembayaran Retribusi "Parkir Kejujuran" melalui Aplikasi e-Penda.

    Kepala Dishub Minut Budyani Max Wurara SH mengatakan, dari kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih yang menjadi visi dan misi Bupati Joune Ganda SE MAP MM MSi dan Wakil Kevin Lotulung SH MH.

    "Dengan adanya "Parkir Kejujuran" melalui aplikasi e-Penda dapat menghindari akan adanya Pungli, dimana tentu pengguna jasa dan perhubungan sebagai penagihnya sudah terekam dalam sistem barcode, mulai dari kendaraan yang masuk dan bayar dengan tidak lagi menggunakan uang tunai," tutur Wurara.

    Dijelaskan Kadishub Max Wurarah, dengan menggunakan aplikasi e-Penda, maka secara otomatis kita menuju Sisi Pemerintahan Berbasis (SPB) elektronik.


    "Jadi masyarakat tidak usah lagi menggunakan uang tunai saat parkir, karena sudah ada sistem yang mengatur yang penting di akun mereka ada saldo untuk melakukan transaksi. Dengan begitu, petugas tidak lagi memungut uang secara tunai, sehingga bisa menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan," terang Wurarah sembari menambahkan pihaknya juga akan menerapkan sistem ini untuk terminal dan pelabuhan.

    Terpisah Kepala Bapenda Christian Katuuk SH mengatakan, pihaknya ditunjuk sebagai fasilitator untuk kegiatan sosialisasi ini, jadi begini sisi pajaknya dari kami, retribusinya dari mereka.

    "Sosialisasi ini menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi e-Penda ini untuk memungut pajak dan retribusi, khususnya mereka yang di lapangan. Nanti penggunaan sistem elektronik e-Penda akan digilir sampai akhir tahun, karena tahun depan sudah mulai diterapkan," ungkap Kaban Christian Katuuk.

    Hadir dalam kegiatan sekaligus memberi materi dari tim konsultan dan fasilitator Pemkab Minut yakni Stafsus Mochtar Yahya, dari PT Espay Ahmad Ilham dan Zefanya Pakasi, Kabid Pajak Meiske Pantouw. Dihadiri juga seluruh pegawai Dishub Minut. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mempermudah Masyarakat, Dishub Minut Mengelar Sosialisasi Pambayaran Retribusi 'Parkir Kejujuran' Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top