• Berita Terbaru

    September 16, 2014

    elnusanews/com , September 16, 2014

    Kepala BPBD Manado Lempar Bola ke Pusat...

    “Dituding Warga Telah Lakukan Pembohongan Publik”

    MANADO, Elnusanews – Penyaluran dana bantuan bencana alam yang menimpah Kota Manado, Januari 2014, yang terkesan tidak transparansi. Akhirnya membuat warga Sario lontarkan tudingan telah terjadi pembohongan publik dari pihak BPBD Kota Manado. Aksi lempar bola panas pun terjadi.
    Tudingan warga ini, berawal dari statement BPBD Kota Manado bahwa sisa bantuan berbunyi ratusan juta itu telah dikembalikan ke pusat. Namun, nyatanya dana tersebut malah disalurkan kepada beberapa warga. Sayangnya penyalurannya tidak merata, sehingga ada warga yang tidak memperoleh dana bantuan tersebut.
    Membantah tudingan warga itu, Kepala BPBD Manado Max Tatahede, langsung memberikan penjelasan. Menurutnya, dana sisa 500 juta pada waktu lalu akan dikembalikan, tetapi setelah dikoordinasikan ke BNPB Pusat, pihaknya diminta untuk menyalurkan sisa bantuan kepada masyarakat.
    “Waktu penyaluran bantuan, ada sejumlah Lurah yang menyatakan bahwa ada warga yang tidak layak menerima bantuan, berdasarkan laporan Lurah itulah ada sisa dana bantuan sehingga kami merencanakan untuk mengembalikan dana tersebut. Tapi kemudian ada petunjuk dari BNPB, bahwa kami harus menyalurkan anggaran itu,” terang Tatahede.
    Dirinya pun mengatakan, data warga penerima bantuan Suntara yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat hanya sebanyak 1511 warga, berdasarkan data yang diperoleh langsung oleh BNPB dan sisanya 9 ribuan warga korban tidak menerima bantuan Suntara tersebut.
    “Kami hanya menjalankan mekanisme yang seharusnya. Kami juga tidak mau tejerat hukum dalam penyalurannya. Masalahnya, kami hanya menyalurkan bantuan sesuai data BNPB. Saya jelaskan kembali, ketika uang hendak dikembalikan ke pusat, mereka tidak mau menerima kembali karena sudah dikeluarkan. Makanya kami langsung menyalurkan dana sisa kembali,” tandasnya. (IW/oxo)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kepala BPBD Manado Lempar Bola ke Pusat... Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top