• Berita Terbaru

    March 10, 2015

    elnusanews/com March 10, 2015

    Ditjenbun Sosialisasi Master Plan Pengembangan Kawasan Berbasis Perkebunan

    Rapat koordinasi dan sosialisasi penyusunan master plan pengembangan kawasan perkebunan berbasis komoditi pala tahun 2015, Selasa (12/3)
    SULUT,Elnusanews - Sejak dikeluarkannya Permentan No 46 Tahun 2015 Tentang kawasan berbasis komoditi pala di sulut, Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian RI turun langsung, mensosialisasi serta meminta kejelasan masterplan perkebunan pala di Provinsi Sulawesi Utara.

    Kasubag Program Bagian Perencanaan Ditjenbun Kementan Deden Indra Tedja Maya mengatakan 
    sudah sangat mendesak dalam penyusunan master plan pengembangan pengawasan kawasan perkebunan pala berbasis komoditi pala. Hal ini seiring dengan visi  pengembangan komoditi perkebunan sulawesi utara seperti diutarakan Kepala Dinas Perkebunan Sulut Nixon Watung SH melalui Sekretaris Dinas Perkebunan Refly Ngantung, terwujudnya pembangunan hasil perkebunan yang produktif dan berdaya saing secara berkelanjutan mendukung terbentuknya pintu gerbang ke Asia Pasifik.

    Sementara itu berdasarkan Permentan 46 Tahun 2015 kawasan berbasis komoditi pala di Sulawesi Utara adalah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulangdang Biaro (Sitaro), Sangihe dan Talaud, Minut serta Bitung.

    Sesuai data dari Dinas Perkebunan Sulut. tanaman pala saat ini di tanaman pada luas area 18.460 ha dengan jumlah produksi 9.754 ton, dimana melalui pertemuan ini diharapkan tiap tahunnya komoditi unggulan sulawesi utara dapat bertumbuh 3 persen lebih. 

    Turut hadir Wakil Bupati Talaud Drs Petrus tuange dan Asisten Ekonomi Pembangunan Pemkab Sitaro Herry Lano SE MM (roker)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ditjenbun Sosialisasi Master Plan Pengembangan Kawasan Berbasis Perkebunan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top