• Berita Terbaru

    March 11, 2015

    elnusanews/com March 11, 2015

    Sondakh Buka Musrembang RKPD Tingkat Kota Bitung

    -Walikota Bitung Hanny Sondakh membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) dan Rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).
    BITUNG,Elnusanews-Walikota Bitung Hanny Sondakh membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) dan Rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) kota Bitung Tahun 2016, sekaligus melakukan penadatanganan berita acara Hasil kesepakatan Musrembang bertempat Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU)Pemkot Bitung, Rabu 11/3 yang diselengarakan BAPPEDA Kota Bitung. 

    Dalam sambutan Sondakh menyampaikan musrenbang ini wajib dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, dimana pemerintah daerah diwajibkan menyusun rencana jangka panjang daerah (RPJPD), rencana jangka menengah daerah (RPJMD), dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) sebagai rencana kerja tahunan. 

    Selain itu, musrenbang ini merupakan musyawarah tahunan untuk mematangkan RKPD berdasarkan rencana kerja (renja) SKPD dan hasil forum SKPD dengan cara meninjau keserasian antara renja SKPD yang hasilnya digunakan untuk pemuktahiran RKPD. Sebab, RKPD merupakan dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD), usulan kegiatan APBD provinsi, APBN dan memuat dasar-dasar pelaksanaan kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan. 

    Tentunya keberadaan musrenbang ini sangat menentukan dalam rangka mempertajam dan mensinerjikan berbagai rencana program pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2016.disamping itu musrenbang dimaksudkan juga sebagai proses untuk memperkuat koordinasi dan komitmen segenap komponen pelaku pembangunan di kota bitung. pada kenyataannya program dan kegiatan yang direncanakan pada hasil forum SKPD sudah tentu tidak mungkin dapat direalisasikan seluruhnya dalam satu tahun anggaran, tetapi akan dilaksanakan secara bertahap,"kata Sondak

    Turut Hadir sejumlah Anggota DPRD Provinsi Sulut, Anggota DPRD Kota Bitung, Forkompimda, Pihak BAPPEDA Provinsi Sulut, Kepala SKPD juga LSM.(REGO)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sondakh Buka Musrembang RKPD Tingkat Kota Bitung Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top