• Berita Terbaru

    March 25, 2015

    elnusanews/com March 25, 2015

    Haryono: Peremajaan Kelapa Melalui Pembibitan Kelapa Unggul di Sulut

    Kepala Badan Litbang Pertanian Departemen Pertanian RI Prof Dr Haryono
    SULUT,Elnusanews - Sebagai daerah Nyiur Melambai, maka Badan Litbang Pertanian akan melakukan peremajaan kelapa melalui pembibitan kelapa unggul di Sulut. Hal ini diutarakan Kepala Badan Litbang Pertanian Departemen Pertanian RI Prof Dr Haryono, saat diwawancara media, Rabu (25/3)   usai pertemuan dengan wakil gubernur. 
    Foto Bersama Dengan Pemerintah Provinsi Sulut 
    Kegiatan ini menurut Haryono merupakan tindaklanjut dari program kebijakan Pemerintahan Presiden Jokowi untuk meningkatkan produksi komoditi pertanian termasuk kelapa.

    "Karena Provinsi Sulut sebagai daerah penghasil kelapa terbesar di Indonesia, sudah barang tentu upaya-upaya peningkatkan kualitas produksi harus segera dilakukan salah satunya  melalui peremajaan, karena pohon kelapa sulut sudah banyak yang tua-tua" jelas Haryono.

    karena itu Balai Penelitian Tanaman Palma, dulunya (Balitka red) di Paniki akan ditingkatkan pelayanannya sehingga produktifitas bisa meningkat, sebagai lokasi pembibitan kelapa unggul, sembari menyebutkan Sulut memliki tanah yang subur serta budaya pertanian sangat baik.

    Hal ini tentunya  tidak lepas dari perhatian Gubernur dan Wagub Sulut lewat visi misinya di mana sektor pertanian menjadi salah satu program unggulan daerah, tandas Haryono.

    Kansil menyambut baik program peremajaan kelapa dan pengembangan Balai penelitian Tanaman palma di Paniki,ungkapnya.

    "Saya setuju peremajaan kelapa ini, agar simbol daerah Sulut yang terkenal dengan daerah Nyiur Melambai tidak hilang," ujar Kansil.

    Pemprov Sulut juga telah melakukan pembibitan kelapa lewat Dinas perkebunan Sulut dan ini terus berlangsung. Karena sebagaimana anjuran dari Bapak Gubernur kelapa yang sudah berusia di atas 50 tahun bisa ditebang serta digantikan dengan kelapa unggul yang disiapkan oleh Pemrprov Sulut, tambah Kansil.

    Kesempatan itu Mokodongan memintakan jika Departemen Pertanian setuju, untuk mem-Back Up perkebunan kelapa sawit di Sumatera, juga bisa di tanam di Sulut. Ada sekitar 40 ribu hektar di wilayah Bolmong raya bisa dijadikan lahan perkebunan kelapa sawit, tandas putra terbaik bumi totabuan.

    Turut hadir Ketua Tim Upaya Khusus (Upsu) peningkatan produksidan produktifitas padi, jagung dan kedelai Ir Rudy Tjajahutomo bersama tim, dan Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut Ir Johanes Panelewen. (Roker)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Haryono: Peremajaan Kelapa Melalui Pembibitan Kelapa Unggul di Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top