• Berita Terbaru

    March 26, 2015

    elnusanews/com , March 26, 2015

    Sulawesi Utara Miliki Kapal Search and Rescue (SAR) ''Bima Sena 288''

    Kapal Search and Rescue (SAR) bernama BIMA SENA 228
    SULUT,Elnusanews - Kamis (26/3) Wagub Sulut Dr Djouhari Kansil MPd menghadiri peresmian Kapal Search and Rescue (SAR) bernama BIMA SENA 228, bantuan tersebut nantinya akan  dioperasikan oleh kantor basarnas manado. Pada kesempatan itu pula dilaksanakan penandatanganan MOU antara pihak basarnas dengan pemerintah provinsi sulut bertempat di kawasan dermaga mega mas.
    Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil MPd
    Pemerintah provinsi melalui wakil Gubernur Djouhari Kansil, memberikan apresiasi yang tinggi, karena bagi kami momentum ini menandakan pula akan tingginya perhatian dan kepedulian Basarnas terhadap eksistensi Provinsi Sulut di bidang SAR,ungkapnya.
    ''Pemprov Sulut senantiasa mendukung secara penuh kegiatan yang dilakukan Basarnas  khususnya Kantor Basarnas Kelas A Manado karena disadari SAR tidak hanya berhubungan dengan pencarian dan pertolongan semata namun didalamnya terdapat juga proses pembinaan, koordinasi dan pengendalian, yang berhubungan erat dengan sikap dan tindakan preventif atau kesiapan dalam menghadapi bencana maupun musibah,'' tandas Kansil.

    Wakil Ketua Komisi V DPR-RI Ir H. Yudi Widiana Adya, MSi mengatakan, hadirnya kapal SAR ini sangat menguntungkan bagi Sulut. Karena hanya 5 daerah yang kami setujui untuk mendapatkannya di tahun anggaran ini, antara lain Medan, Bali dan Sulut,ungkapnya.

    Perhatian DPR-RI atas keselamatan anak bangsa serta para tamu luar negeri menjadi konsern kami. Keberadaan Basarnas sangat penting dalam mencari dan member pertolongan. Hadir UU Basarnas No. 29 Tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan tujuannya untuk mempercepat eksekusi, koordinasi dengan melihat pengalaman kecelakaan pesawat, sering terjadi keterlambatan. Namun dengan hadirnya UU ini Basarnas menjadi Komandan dalam mengeksekusi setiap terjadinya bencana atau musibah, jelas Widiana yang ikut didamping anggota komisi V DPR-RI Jasty Suprejo dan Rendy Lamajido. 
    Sementara itu, Sekretaris Utama (Sektama) Basarnas Drs Max Ruland Boseke MM MSc menyebutkan, dengan diresmikan Kapal ini, diharapkan musibah yang berada di Sulut bisa tercover,imbuhnya.
    ''Mengingat frekuensi kecelakaan di perairan Sulut masih sangat tinggi akibat banyaknya nelayan tradisional yang nekat melaut meski peralatannya tidak memadai, serta ulah kapal penumpang antar pulau yang mengangkut penumpang melebihi kapasitas,''tegasnya.
    Sembari Boseke, menambahkan kapal ini mampu bertahan dari hantaman gelombang yang tinggi mencapai 3 meter. Dan juga memiliki system navigasi yang canggih, disamping untuk navigasi dapat digunakan untuk mensearching objek-objek di permukaan. Selain itu juga terdapat radar cuaca, matc system digital, radio komunikasi, ruang perawatan medis, alat selam, sonar dan eco sounder, tandas Boseke . (roker)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sulawesi Utara Miliki Kapal Search and Rescue (SAR) ''Bima Sena 288'' Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top