• Berita Terbaru

    October 23, 2017

    elnusanews/com October 23, 2017

    Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten/Kota se-Sulut Dilantik

    BAWASLU SULUT, Elnusanews - Kepala Sekretariat Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sulawesi Utara melantik para Kepala Sekretariat Panwaslu kabupaten dan kota se-Sulut di Ruang Sidang Kantor Bawaslu Provinsi Sulut, Sabtu (21-10-2017).
    Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut, Herry Z. Mawuntu, SH menjelaskan, terbentuknya Sekretariat Bawaslu kabupaten dan kota, merupakan langkah maju bagi Bawaslu dalam mengawal proses tahapan Pilkada serentak 2018 maupun Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. "Terbentuknya Sekretariat Panwas Kabupaten dan Kota, konsolidasi kelembagaan merupakan langkah maju dalam rangka pelaksanaan pengawasan tahapan Pilkada dan Pemilu," ucap Mawuntu dalam pengarahannya.
    Menurut Mawuntu, nantinya Sekretariat Bawaslu akan didorong untuk memahami betul tanggung jawabnya sebagai lembaga yang akan melakukan pengawasan terhadap Pilkada dan Pemilu ke depannya. "Sekretariat sebagai supporting system pengawasan, selain mengusai tupoksinya, juga paham eksistensi Bawaslu sebagai lembaga negara penegak demokrasi dan hukum," katanya.
    Selain itu disampaikan Mawuntu bahwa Kasek mempunyai kewenangan untuk menunjang Ketua dan Anggota Pimpinan namun jangan melebihi kewenangannya. “Kewenangan Kasek selain kesekretariatan untuk melengkapi segala kebutuhan administrasi, sumber daya dan kelengkapan kantor, tapi salah satu yang utama adalah menunjang kepemimpinan Ketua dan Anggota Pimpinan di Kabupaten dan Kota masing-masing. Silahkan para kasek berpikir atau berekspektasi seperti pimpinan, namun jangan bertindak seperti pimpinan. Sebagai Kasek kita tidak boleh melewati batas kewenangan sebagai kasek. Silahkan memberi masukan atau membicarakan dengan pimpinan di divisi masing-masing terkait administrasi dan bila ada regulasi baru atau hal-hal lain terkait kepemiluan. Tapi sekali lagi harus tahu kapasitasnya sebagai kasek dan tidak boleh melebihi kewenangannya.
    Diharapkan pula agar Kasek di Kabupaten dan Kota tetap menjaga komunikasi dan tetap harus berkonsultasi dengan Kasek Bawaslu Provinsi tentang tugas dan tanggung jawabnya.
    Pelantikan para Kepala Sekretariat se Sulut nampak dihadiri oleh sebagian Ketua dan Anggota Pimpinan Panwaslu se Sulut serta jajarannya dan keluarga masing-masing. (redaksi)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten/Kota se-Sulut Dilantik Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top