• Berita Terbaru

    October 20, 2017

    Elnusanews , October 20, 2017

    Kesal Terhadap Sikap Balai Sungai, Ini Yang Dikatakan Jems Tuuk

    Foto : Jems Tuuk saat aksi demo
    BOLMONG,Elnusanews - Terkait aksi demo damai yang dilakukan oleh masyarakat yang tergabung dalam  FKMPD jilid II Kamis (19/10) kemarin, Ir.Julius Jems Tuuk saat diberikan kesempatan membawakan orasi pun meluapkan kekesalannya atas sikap dari Ketua Balai Wilayah Sungai Sulut yang terkesan cuek terhadap aspirasi dari warga Dumoga.

    "Dengan segala upaya masyarakat, sangadi-sangadi, tokoh-tokoh masyarakat, bahkan kami pun mencoba melakukan pendekatan, menanyakan kejadian yang terjadi dari satu waktu ke waktu yang lain ke balai sungai. Di telepon tidak angkat, di SMS tidak dibalas, bahkan staf nya pun berlaku hal sama. Balai sungai  berpendapat mugkin Jems Tuuk mau minta proyek di sana. Sampai detik ini saya tidak pernah merasakan satu butir proyek pun di provinsi. Saya cuma mau menanyakan kelanjutan proposal dari masyarakat dumoga," ujar politisi PDIP yang kini terdaftar sebagai Anggota DPRD Sulut ini.


    Politisi PDIP ini juga mengatakan, lewat forum yang sudah ditetapkan dan dilanjutkan dengan aksi demo damai, ada beberapa hal yang harus ditindak lanjuti.

    "Meminta kepada pemerintah yaitu kita harus memperbaiki daerah aliran sungai. Kedua, memintah kepada Kapolres segera memanggil dan memeriksa Djidon Watania yang menurut undang-undang  melakukan pembiaran di tanah dumoga. Anggaran balai sungai empat sampai tujuh triliun per tahun, ada dimana tu doi (uang), torang cuma mo tanya kiapa ini tidak di bangun (Kita hanya ingin tahu, kenapa tidak dibangun)," tutur Tuuk dengan dialek Manado.

    Lebih lanjut Tuuk mengatakan, bila hal ini tidak bisa ditindak lanjuti oleh Kapolres Bolmong maka akan dilanjutkan laporannya ke Kapolres Kota Kotamobagu.

    Ditambahkan pula, forum ini akan masuk sampai di tingkat provinsi.

    "Di kabupaten ada bapak Kamran yang sampai hari ini tetap sebarisan dengan rakyat dumoga, saya akan menunggu forum ini di provinsi untuk lakukan hearing, rakyat dumoga akan menyampaikan aspirasi sesuai mekanisme berlaku," ujar Tuuk sembari mengimbau dalam melakukan unjuk rasa atau demo tidak dengan anarkis.


    Tuuk pun mengingatkan bahwa Balai Sungai adalah organisasi vertikal dan tidak bertanggung jawab terhadap dewan kabupaten/provinsi.

    "Jangan ada yang berpikir kenapa dewan kabupaten/provinsi tidak mampu memperjuangkan, posisi balai sungai vertikal ke atas," tandas Legislator Deprov dapil Bolaang Mongondow Raya ini, dan mengimbau agar forum menyurat ke DPRD Sulut untuk hearing.

    Sementara itu, Kapolres Bolaang Mongondow, AKBP Gani F Siahaan di demo pun menegaskan, akan menindak tegas siapapun yang melakukan pelanggaran hukum.

    "Yang pasti, kami dari polres bolmong akan mendukung apapun aspirasi masyarakat. Siapa yang bersalah kita akan tegakkan hukum sesuai aturan yang berlaku, kalau memang laporan aduan, silahkan kami akan terima," kata Kapolres.

    Diketahui, demo damai berlangsung sejak pukul 09.00 ini berlangsung tertib. Hadir pula Wakil Ketua DPRD Bolmong, Kamran Muchtar dan Sunny.JA Dampi, Anggota DPRD Bolmong dapil 5, juga pihak keamanan dari Kepolisian dan TNI. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kesal Terhadap Sikap Balai Sungai, Ini Yang Dikatakan Jems Tuuk Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top