• Berita Terbaru

    February 18, 2019

    elnusanews/com , February 18, 2019

    Rp.560 M Dana BOS Tidak Sedikit, OD-SK Ingatkan Mutu Pendidikan

    SULUT,Elnusanews - Perencanaan, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban itu sangat penting dalam suatu kegiatan pengelolaan keuangan terlebih bagi instansi pendidikan.

    Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw dihadapan 500-an peserta yang hadir pada Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Kebijakan UN dan Pelaksanaan BOS (Bantuan Operasional Sekolah) 2019 disertai penandatanganan MoU bersama BSGo, di Aula salah satu hotel di Manado, Senin (18/02/2018).

    "Rp 560 Miliar (Dana BOS) untuk SMA dan SLB bukan angka yang sedikit itu adalah investasi pendidikan untuk jadi ilmu bagi anak-anak kita," terangnya

    Menurutnya juga bahwa Pemprov Sulut dalam fokus dan memperjuangkan anggaran pendidikan kini naik 22,9 persen, yang sebelumnya oleh Undang-Undang hanya sampai 20 persen.

    "Ini berkat pak Sekprov (Edwin Silangen) dengan memberikan dan merancang hingga bisa ada perubahan kenaikan pada anggaran pendidikan," ungkap Wagub sembari menambahkan pada pada tahun-tahun sebelumnya hanya 204 miliar yang ditanggungan pemerintah provinsi tanpa mengurangi yang ada di kabupaten Kota.

    Kandouw juga sepakat dalam mendorong mutu pendidikan di Sulut, harus ada punhismen bagi tenaga pendidik/guru yang dinilai tak mampu menjalankan tupoksinya sesuai aturan.

    "Nanti juga akan saya sampaikan kepada pak Gubernur harus juga ada reward bagi mereka yang bekerja dengan baik. Capaian pendidikan di Sulut, menurut hemat saya jauh panggang dari api karena kita belum masuk 10 besar malahan tahun lalu ada direngking 28 dari 35 provinsi di indonesia. Soal kurikulum harus ditingkatkan SDM tenaga pendidik, anak didik kita lemah terlebih dalam hal matematika, IPA, bahasa inggris. ini demi berkompeten," ujarnya sembari menegaskan kembali sudah seharusnya pada tahun ini haruslah lebih baik dari tahun kemarin.

    "Harus ada reward dan punishment. Nama-nama sudah dikantongi tapi pak Gubernur orangnya baik hati, nanti setelah 17 April, ingat anak-anak didik, karena kalian semua (guru/kepsek) adalah roll model," tandas Kandouw.

    Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sulut, Grace Punuh pada sebelumnya telah menyampaikan laporan soal Dana BOS dan juga terkait hasil belajar siswa melalui Ujian Nasional (UN) yang dinilai masih masih kurang, untuk SMA dibawah 40 persen dan SMK 60 persen.

    Diketahui untuk penerimaan dana BOS tahun 2019 ini untuk siswa SLB sebesar Rp1,6 juta dan SMA Rp 1,4 per siswa. Yang juga pada kesempatan itu dtelah dilakukan penandatanganan MoU antara pihak Pemprov Sulut melalui Sekertaris Provinsi, Edwin Silangen bersama Bank Sulut Go. Hadir pada kesempatan itu, Ketua tim Managmen BOS pusat Kemendiknas RI, Wahyudi, Kepala Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Sulut, AG Kawatu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kota, Perwakilan Kantor Agama se-Sulut, serta para Kepala Sekolah.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rp.560 M Dana BOS Tidak Sedikit, OD-SK Ingatkan Mutu Pendidikan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top