• Berita Terbaru

    January 26, 2015

    elnusanews/com January 26, 2015

    2 Kapal Asal Philipin Ditahan di Bitung

    Kepala (PSDKP)  Ipunk Nugroho Saksono, A,Pi,MM. didampingi Kapten Priyo Kurniawan saat diwawancarai wartawan, Senin 26/1

    BITUNG,Elnusanews-Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Pangkalan Pengawas Sumber Daya Kelautan Perikanan (PSDKP), berhasil mengamankan 2 kapal ikan jenis Pin Boat, Garuda 05 dan Garuda 06 asal negara Philipin, Minggu 25/1.

    Kepala Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan Bitung, Ipunk Nugroho Saksono, A,Pi,MM. Mengatakan, saat ini kami sudah menahan 2 kapal bersamaa barang bukti dan 19 anak buah kapal (ABK).   

    "Penangkapan kedua kapal tersebut dalam operasi rutin KP Hiu Macan Tutul 001 dilapangan dan berhasil menangkap kapal ikan jenis Pin Boat, Garuda 05 dan Garuda 06 asal negara Philipin, di Posisi 8 Mil Kepulawan Talaud, Minggu 25/1 pekan lalu, bersama barang bukti hasil tangkapan yakni ikan Tuna dan 19 anak buah kapal (ABK),"kata Ipunk Senin 26/1 saat diwawancarai awak media.

    Ia menjelaskan, saat melakukan penangkapan dilapangan sempat terjadi kejar-kejaran bersama anggotanya.   
       
    "Disaat melakukan penyergapan kapal ikan jenis Pin Boat, Garuda 05 sempat melarikan diri ke pulau Talaud, dan berhasil dibekuk, saat melakukan pemeriksaan kedua kapal tersebut tidak memiliki dokumen yang sah, dan parahnya lagi kedua kapal ini berasal dari negera tetangga yakni, negara Philipin yang masuk ke wilayah Indonesia untuk penangkap ikan perairan Sulawesi, kemudian langsung digiring ke Bitung."ujar Saksono didampingi Kapten Kurniawan.  

    Ia menambahkan laporan sudah dikirim dan akan ditindak lanjuti sesuai proses hukum, apakah barang bukti akan dimusnakan atau  ditengelamkan tinggal menungu hasil putusan, dan untuk barang hasil tangkapan akan dilelang,"pungkasnya.(REGO)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 2 Kapal Asal Philipin Ditahan di Bitung Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top