• Berita Terbaru

    March 28, 2021

    elnusanews/com March 28, 2021

    Pertashop Penyalur BBM Hadir di Batuputih


    BITUNG, Elnusanews - Dalam rangka memudahkan masyarakat akan pelayanan bahan bakar minyak (BBM), khususnya jenis Pertamax, sebagaimana program Presiden Jokowi, Pertamina menghadirkan SPBU mini, yakni Pertamina Shop atau Pertashop di wilayah Kelurahan Batuputih Bawah, Kecamatan Ranowulu.

    Pertashop di Kelurahan Batuputih Bawah ini mulai dioperasikan, Sabtu (27/3/2021) kemarin yang ditandai dengan presmian dan gunting pita oleh owner Pertashop, Luki Karundeng disaksikan Kapolsek Ranowulu, Iptu Andri Salmon, Sales Brand Manajer I Wilayah Sulutgo, Muhammad Refi serta Camat Ranowulu, Dolfi Rumampuk.

    Luki Karundeng selaku pemilik Pertashop Batuputih mengatakan, ini adalah Pertashop yang kedua setelah sebelumnya hadir di Kelurahan Danowudu.

    “Untuk Pertashop Batuputih hanya menyiapkan BBM jenis Pertamax yang harganya sama dengan harga di SPBU,” ujar 

    Karundeng. Pertashop sendiri kata dia, merupakan program Pertamina dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di perdesaan, serta mendorong tumbuhnya inovasi desa melalui kemitraan serta turut berperan dalam meningkatkan kapasitas pemerintahan 

    "Nah di Kota Bitung sasarannya adalah kelurahan dalam upaya menumbuhkembangkan pola inovatif percepatan peningkatan kapasitas dan pembangunan kelurahan yang bertumpu pada proses pembelajaran manajemen di dalam masyarakat,”katanya.

    Sementara, Kapolsek Ranowulu Iptu Andri Salom sendiri menyambut baik dengan resminya dioperasikan Pertashop di Kelurahan Batuputih Bawah yang tentu akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan BBM.

    “Harapannya, dengan hadirnya Program Pertashop di Batuputih, dapat menumbuhkan simpul-simpul jaringan pemberdayaan untuk memperkuat ekonomi lokal,” kata Andri.

    Sementara itu, mengacu ke laman Pertamina. com, Pertashop adalah outlet penjualan Pertamina berskala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non subsidi, LPG non subsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya dengan mengutamakan lokasi pelayanannya di desa atau di kota yang membutuhkan pelayanan produk ritel Pertamina.

    Pertashop memiliki tiga kategori yakni Gold, Platinum dan Diamond. Pertashop jenis Gold berkapasitas penyaluran 400 liter per hari dengan luasan lahan yang dibutuhkan sekitar 144 meter persegi. Lokasi dari desa ke SPBU, lebih dari 10 Km atau sesuai dengan aturan.

    Adapun jenis Platinum, berkapasitas penyaluran 1.000 liter per hari, memiliki tangki penyimpanan 10 KL, luas lahan 200 meter persegi dan lokasinya di kecamatan yang belum terdapat SPBU. Sementara jenis Platinum berkapasitas penyaluran 3.000 liter perhari, memiliki tangki timbun 10 KL, luas lahan 500 meter persegi dan berlokasi di kecamatan yang belum terdapat SPBU. (Rego)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pertashop Penyalur BBM Hadir di Batuputih Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top