• Berita Terbaru

    March 31, 2021

    elnusanews/com March 31, 2021

    Wabup PYR: Pemkab Minsel Upayakan Pertumbuhan Hortikultura Dataran Rendah

    MINSEL, Elnusanews- Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan selalu menghimbau/ mengingatkan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan setiap lahan tidur/pekarangan untuk bercocok tanam.

    Seperti yang diingatkan kembali Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M. Th usai penanaman cabe di perkebunan Pangian Desa Poopo Barat pada Rabu, 31 Maret 2021.

    Wabup menyampaikan pada dasarnya kebutuhan hidup masyarakat Minahasa Selatan  umumnya bercocok tanam.

    Ia pun menggambarkan desa-desa yang ada di Kecamatan Modoinding. Pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada disana, jauh lebih meningkat di bandingkan desa yang lain. Disana tidak terlihat adanya lahan yang kosong, semuanya di manfaatkan dengan baik oleh warga untuk bercocok tanam.

    Berbagai jenis tanaman, buah dan sayur (Hortikultura) tumbuh subur karena lokasinya sangat cocok karena berada di dataran yang tinggi.

    Kendati demikian, holtikultura yang ada di sana, tak akan cukup memenuhi kebutuhan pasar karena permintaannya sangat banyak mulai dari luar daerah bahkan luar negeri. Oleh karena itu, kita mencari lahan baru untuk dibuka seperti dataran rendah, kata Bupati.

    Sebagai Pemkab Minahasa Selatan akan berupaya menjadikan tanaman hortikultura bisa berkembang di dataran rendah.

    "Kita sementara berupaya agar hortikultura juga bisa berkembang tidak hanya di dataran tinggi seperti modoinding. Ini bisa menjadi salah satu cara supaya sayur mayur ditanam organik. Jadi daerah dataran rendah bisa ditanamkan hortikultura. Sembari berharap Paguyuban Petarung ini menjadi pelopor mengajak masyarakat di desa lain untuk manfaatkan lahan tidur, pungkas Wabup PYR.

    Adapun kegiatan tersebut digelar Grup Paguyuban Petarung Minahasa Selatan yang terdiri dari para Hukum Tua Definitif dan Mantan Hukum Tua.

    (Rela)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wabup PYR: Pemkab Minsel Upayakan Pertumbuhan Hortikultura Dataran Rendah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top