• Berita Terbaru

    March 19, 2021

    elnusanews/com , March 19, 2021

    Diterima Mawitjere, Sulut Raih Sertifikat WBTb dari Kemendikbud

    JAKARTA,Elnusanews - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat. Kali ini penghargaan bidang kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

    Penghargaan yang diberikan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud ini berupa 1 sertifikat Warisan Budaya Takbenda (WBTb) dari Mendikbud.


    Penghargaan tersebut diserahkan Sekretaris Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Fitra Arda kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili Plt Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut, Patricia Mawijtere di Hotel Millenium Sirih, Jakarta Pusat, Senin (15/3/2021).

    Prosesi penyerahan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Pertemuan Pemangku Kepentingan Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021.

    Sesuai Keputusan Mendikbud RI Nomor 1044/P/2020 tentang Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2020, satu karya budaya dari Provinsi Sulut sah dan diakui secara nasional.

    Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Sulawesi Utara (Sulut) Patricia Mawitjere mengatakan dengan diterimanya penetapan WBTb ini memotivasi jajaran Dinas Kebudyaan Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten/Kota untuk terus mengembangkan warisan budaya leluhur untuk terus dilesatrikan dan dimaanfaatkan untuk pemajuan kebudyaan di Sulawesi Utara. 

    "Hal ini sesuai dengan Visi Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur  Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, SE dan Bapak Drs. Steven O. E. Kandouw (ODSK) pada Bidang Kebudayaan," imbuhnya.

    Lanjutnya, ada 360 WBTb yang tercatat namun yang ditetapkan baru 19 karya budaya artinya masih sangat kecil yang disahkan. Mengapa demikian karena kendalanya kami belum memiliki tim ahli dalam kajian untuk cagar budaya dan situs - situs.

    "Namun saat ini sudah berusaha dalam 100 hari kerja ini sejak saya dipercayakan menjadi Plt Kadisbud saya telah bangun jaringan dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Suluttenggo), Balai Arkeologi Sulut, Tim Ahli Kajian Cagar Budaya demikian juga dengan Direktorat Perlindungan Dirjen Kebudayaan untuk bekerjasama dalam merealisasikan 341 KARYA BUDAYA yang masih tercatat ini. Saya sudah tugaskan bidang CBSTP untuk segera menindaklanjuti segera membuat kajian bersama stakeholder yang sudah saya ajukan kerjasama," tandasnya.

    (ROKER)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Diterima Mawitjere, Sulut Raih Sertifikat WBTb dari Kemendikbud Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top