• Berita Terbaru

    January 28, 2022

    elnusanews/com , , January 28, 2022

    Lewat Rakor Disbud Sulut Optimalkan Pemajuan Kebudayaan



    SULUT,Elnusanews - Rapat Koordinasi untuk mengoptimalisasikan pemajuan kebudayaan sukses diselenggarakan Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Kamis, 27 Januari 2022 di Hotel Grand Puri Manado. Hadir dalam kesempatan ini mewakili Gubernur Sulut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Praseno Hadi MM.Ak. yang membacakan sambutan Gubernur sekaligus menyampaikan beberapa arahan antara lain pentingnya langkah-langkah kongkrit bagi pemajuan kebudayaan serta menghidupkan iklim budaya pada semua lapisan masyarakat. Sebagai contoh, musik kolintang harus semakin diaktifkan, digelar dan dimainkan di berbagai fasilitas umum seperti bandara, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan area publik lainnya.
    Demikian pula dengan penggunaan pakaian adat daerah Sulut di lingkungan instansi pemerintah dan tempat-tempat lainnya harus semakin digalakkan, penggunaan ornamen-ornamen bercirikan tradisi budaya daerah pada berbagai bangunan ikonik termasuk gedung milik pemerintah dan fasilitas publik serta menghidupkan kembali berbagai tradisi dan ritual seperti pernikahan adat dan upacara-upacara adat lainnya.

    Sementara itu, Kadis Kebudayaan Jani N. Lukas S.Pi, M.Si dalam pemaparannya menghimbau seluruh kabupaten/kota untuk mendukung Kolintang Goes to Unesco menjadi warisan budaya dunia, mempersiapan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD), merampungkan Penyusunan Pokok Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) dan mengoptimalisasi pemajuan kebudayaan dengan memanfaatkan teknologi digital melalui Sistem Aplikasi dan Database Kebudayaan yang dapat diakses publik dan terintegrasi dengan pariwisata.

    Rakor ini dihadiri perwakilan UPT Dirjen Kebudayaan KemdikbudRistek RI Budi Kristanto, utusan dari 15 Kab/kota se-Sulawesi Utara dan dimeriahkan dengan penampilan musik kolintang, nyanyian serta tarian daerah. (roker)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lewat Rakor Disbud Sulut Optimalkan Pemajuan Kebudayaan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top