• Berita Terbaru

    January 28, 2022

    elnusanews/com , January 28, 2022

    R10: Sektor Usaha Miliki Kontribusi Besar Terhadap Ekonomi Daerah



    SULUT,Elnusanews - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulawesi Utara (Sulut) mendukung dan siap membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bumi Nyiur Melambai. Sebab, menurut Rio, sektor usaha ini memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian daerah. 

    “UKM harus digenjot karena kunci bagaimana kita wujudkan ekonomi daerah,” tegas Rio saat membacakan sambutan pada pembukaan Bazaar UMKM dan Pasar Murah, Jumat (28/1/2022) di Taman Berkat atau God Bless Park, Jalan Boulevard Manado.

    Dibeberkan Rio, pelaku UMKM di Indonesia berkontribusi hampir 60 persen dari pendapatan bruto. Itu artinya, pendapatan Indonesia diambil dari UMKM. 

    “Selain itu, UMKM ternyata berkontribusi lebih dari 90 persen serapan pekerja. Jadi UMKM berkontribusi ke perekonomian tapi juga mepekerjaan orang,” terangnya. 

    Melihat kontribusi tersebut, membuat KADIN Sulut bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Sulut menghadirkan Bazaar UKM dan Pasar Murah ini yang rencananya akan berlangsung hingg Sabtu (29/1/2022).

    Rio pun berjanji akan membuat kegiatan serupa dengan peserta yang lebih banyak. Diketahui, untuk kegiatan ini diikuti sekira 82 tenant. 

    “Kita akan buat seperti ini dengan skala lebih besar. Kalau berkenan akan lebih luas lagi dengan jenis barang lebih banyak,” tukasnya.

    Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Asisten II Praseno Hadi. Hadi dalam sambutannya mengatakan pemerintah selalu hadir bersama dengan pelaku usaha.

    “Betapa serius pemerintah mengawal dan mendorong pelaku usaha untuk berusaha agar perputaran ekonomi,” terangnya. 

    Namun, gubernur mengingatkan dalam setiap usaha selalu memperhaikan protokol kesehatan. Sebab, pandemi Covid-19 belum berakhri.

    Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut Ronald Sorongan mengatakan selain Bazaar dan Pasar Murah, di lokasi kegiatan juga dihadirkan tempat Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UMKM Gratis dan Langsung jadi, Pembuatan (QRIS) QR Code bagi UMKM, Fasilitas Pengajuan KUR on the spot, Aksi Kemanusiaan Donor Darah, Pelayanan Vaksinasi (tahap 1, tahap 2 dan Booster). Selain itu, juga diadakan Talkshow dengan topik Program Kadin Sulut dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Tips berhasil pengajuan KUR dan Strategi Penjualan On-line Jaman now.(roker)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: R10: Sektor Usaha Miliki Kontribusi Besar Terhadap Ekonomi Daerah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top