• Berita Terbaru

    January 31, 2022

    elnusanews/com January 31, 2022

    Perayaan Adat Tulude Dan HUT Kabupaten Sangihe Ke-597 Sukses Digelar

    SANGIHE, Elnusanews- Mangangkat Tema Kaliomaneng si Genggonalangi Penaghupia Lambung su Ralungu Alamate yang artinya permohonan kepada sang khalik untuk menjaga alam semesta dalam berkat dan rahmatnya,perayaan adat Tulude 2022 yang di rangkaikan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Daerah  Kabupaten Kepulauan Sangihe Ke 597 Sukses di Gelara, Senin (31/01/2022) bertempat di Lapangan gelora Santiago Rumah Jabatan Bupati Sangihe.

    Perayaan adat Tulude kali ini menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, peserta dan tamu undangan wajib memiliki aplikasi Peduli lindungi serta menunjukan kartu Vaksinasi dan memakai masker.

    Tapi meskipun demikian Animo masyarakat Sangihe untuk mengikuti perayaan yang sakral ini sangatlah tinggi. Adapun prosesi adat Tulude dimulai pada pukul 04:00 dan berakhir pada 22:00 wita, dengan skenario Mamansele Kalonge (pemukulan tambor subuh), Menginsomahe sake, Mendangeng Sake, Mesake mamaeng, Mamansele bawelo (pemukulan tambor sore), Megause Tombonang, pentas tarian Salo, Memindura (penghormatan adat), pemukulan Gong,Mendangeng Tamo Banua, Mehegong Tamo Banua, Darumating,Kakumbaede, Menahulending (Doa restu), Menuwang Tamo (Pemotongan kue adat), Sasasah,tariam ada Ala badiri, Mekaliomaneng (doa), Salimbangu Wanua, tatarimakase,  mengungsi (doa penutup), serta pentas seni budaya dan Musik Bambu.

    Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana dalam sambutannya sangat bersyukur karena HUT Kabupaten Sangihe sekaligus rangkaian upacara Adat Tulude 2022 kembali bisa di gelar walaupun masih berada dalam masa pandemi covid-19.

    "Pesta adat Tulude memiliki makna yang mendalam dan didalamnya terkandung tiga hal penting yaitu, Mensyukuri segala berkat dan anugerah Tuhan yang telah dikaruniakan sepanjang tahun yang telah berlalu, Memohon ampun atas segala kesalahan serta semua dosa yang pernah dan telah dilakukan dalam perjalanan waktu menjalani hari-hari kehidupan di sepanjang tahun yang silam, Menyerahkan dan memohon penyertaan Tuhan dalam kelanjutan hidup dan pengabdian ditahun yang sedang dijalani saat ini."tutur Gaghana.

    Lanjut Gaghana melalui hari ulang tahun daerah Kabupaten Sangihe ke 597 tahun dan upacara adat Tulude ini, kita mengucapa syukur dan berterima kasih dalam rahmatnya dan memohon untuk diluputkan dari pandemi covid 19, karena hanya kepada Tuhanlah kita memanjatkan syukur dan doa.

    Di tempat yang sama juga Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang diwakili Kepala BPKP Sulut Jeti Pulu menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan kepada semua pihak yang telah menggagas dan megupayakan terselenggaranya agenda konstruktif yang sarat akan nuansa religi dan pelestarian budaya tersebut.

    "Perayaan Tulude merupakan warisan leluhur yang sangat menarik dan merupakan warisan budaya yang penuh makna dan syarat nilai-nilai keimanan terhadap Tuhan yang Maha Esa, sehingga Upacara adat Tulude merupakan harta yang tidak ternilai, tapi di Masyarakat Nyiur Melambai terlebih khusus masyarakat Nusa Utara. Jika kita tidak melestarikannya maka Tulude akan punah, dilupakan dan hanya menjadi kenangan dalam catatan sejarah namun sebaliknya jika kita mengaktualisasikan dalam konteks pembangunan maka pasti akan menjadi kekuatan pendorong dalam mewujudkan masyarakat Sulawesi Utara yang maju dan sejahtera serta menjadi sukacita dan kegembiraan serta kebanggaan tersendiri secara prinadi ditengah masyarakat yang memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya bangsa sekaligus menyadari bahwa segala tuntunan dan penyertaan Tuhan dalam kehidupan ini menjadi sukacita pada perayaan adat Tulude ini,"kata Pulu.

    Diwakili Kepala BPKP Sulut Jeti Pulu menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan kepada semua pihak yang telah menggagas dan megupayakan terselenggaranya agenda konstruktif yang sarat akan nuansa religi dan pelestarian budaya tersebut.

    Perayaan Adat Tulude tahun ini juga turut dihadiri oleh peserta Majelis pekerja lengkap (MPL) persekutuan gereja-gereja di Indonesia (PGI) tahun 2022, Wakil Bupati Sitaro, Pemerintah Pusat serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. (*)

    (Donny)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Perayaan Adat Tulude Dan HUT Kabupaten Sangihe Ke-597 Sukses Digelar Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top