• Berita Terbaru

    January 18, 2022

    Elnusanews January 18, 2022

    RDP Dengan Dinkes, MJP Pertanyakan Kebijakan Tes Antigen Di Pintu MAsuk Bandara Samratulangi


    DEPROV,Elnusanews -- Komisi IV DPRD Sulut dibawah pimpinan Ketua Komisi Braien Waworuntu, Selasa (18/1/22) pagi menggelar rapat dengar pendapat dengan mitra kerja SKPD Dinas Kesehatan provinsi Sulut.

    Dalam hearing tersebut, mencuat kebijakan pengambilan tes antigen di pintu masuk kedatangan Bandar Udara (Bandara) Sam Ratulangi Sulut. Hal ini sebagaimana dipertanyakan oleh Anggota Komisi IV DPRD Sulut Melky Jakhin Pangemanan (MJP).

    Di hadapan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut, MJP menanyakan jumlah temuan positif Covid-19 selama kebijakan tersebut dijalankan.

    “Sudah berapa banyak yang didapati kasus positif Covid-19 di airport. Selain itu, berapa alat yang digunakan mendukung program pemerintah,” kata MJP.

    Dilanjutkan MJP, butuh pertimbangan logis dari perspektif kesehatan.

    “Prinsipnya kami ingin memastikan kebijakan dikaji serta membawa dampak signifikan. Asal sejauh kita bisa mempertanggungjawabkan kebijakan serta membawa dampak baik, itu kebijakan yang harus didukung,” tegas Ketua DPW PSI Sulut ini.

    Menjawab itu, Kepala Dinkes Sulut Debie Kalalo menjelaskan, kebijakan yan diambil merupakan perintah Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

    “Pengambilan itu tidaj hanya di bandara tetapi juga di pelabuhan tempat masuk ke Sulut. Agar setiap orang yang masuk ke Sulut bisa ter screaning,” katanya.

    Dari data yang diperoleh, lanjut Kalalo, per Juni-Desember 2021 sebanyak 192.516.000 orang yang masuk.

    “Dan jumlah positif dari tes itu ada 322 orang. Di Pelabuhan Manado Juni-Desember 13.432 orang yang dites dan positif 66 orang. Sehingga dilihat kebijakan ini sangat bermakna. Nah kalau ratusan orang ini tidak ter screaning, berapa banyak orang yang terserang di Sulut. Jadi, kebijakan ini sangat baik,” tandasnya. (RaKa)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: RDP Dengan Dinkes, MJP Pertanyakan Kebijakan Tes Antigen Di Pintu MAsuk Bandara Samratulangi Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top