• Berita Terbaru

    April 05, 2019

    elnusanews/com April 05, 2019

    10 Pekerjaan Fisik ADD di Kecamatan Langowan Selatan Diresmikan


    MINAHASA, Elnusanews - Sebanyak 10 pembangunan fisik tahun anggaran 2018 yang berasal dari Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD/DD) di Kecamatan Langowan Selatan di Resmikan, Sabtu 6/4/2019.


    Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD), dipusatkan di Desa Winabetan.


    Peresmian diawali dengan laporan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Djeffri Sumendap Sajow diwakili oleh Sekertaris PMD Ronald Rundengan yang meyebutkan bahwa anggaran ADD yang akan diresmikan ini berjumlah Rp 5.571.193.955.


    “Anggran ini meliputi pekerjaan rabat beton depanjang 3.625 meter, pekerjaan darinase sepanjang 1.238 meter, jalan tanah sepanjang 30 meter, jalan paving sepanjang 100meter, tembok penahan tanah sepanjang 197 meter, gorong-gorong 9 unit, jaringan pipa 2 unit, sumur bor 1 unit, penerangan jalan 17 unit dan galian timbunan sebanyak 1 unit.” Urai Sajow. 


    Usai menandatangani prasasti, Wabup Robby mengatakan, Pemerintah Kabupaten Minahasa sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang telah mendukug segalah program pemerintah baik itu daerah, provinsi maupun pusat, sehingga bermuara pada kegiatan persmian ini. 


    “Tentunya ini menjadi kebanggan dan keberhasilan kita bersama dan mewujudkan kemajuan di Desa.” Ujar Wabup Robby. 


    Dia meyakini bahwa jika tanpa komitmen yang baik dari semua kompenen tentu apa yang di programkan tidak akan berjalan dengan baik. 


    “Walaupun harus disadari masih banyak harus kita bangun atau perbaiki, tetapi dengan keterbatasan anggaran kita dapat perlahan-lahan mewujudkan semuanya merupakan suatu hal yang luar biasa.” Terangnya.


    Dikatakannya lagi bahwa, pembangunan Desa ini adalah program pemerintah Pusat lewat Presiden Jokowidodo yakni membangun dari Desa dan Pinggiran, yang diwujudnyatakan lewat ide brilian yakni pemeberian dana desa. 


    “Khusus tahun 2019, di kecamatan ini akan mendapat total dana tranfer desa sebesar Rp 10.854. 415. 000, tentu hal ini harus terus kita dukung dan lanjutkan. Sebab jika kita hanya berharap pada APBD Kab. Minahasa kita dapat  membangun secara merata diseluruh wilayah” jelasnya.


    Dijelaskannya juga, Pemerintah Kabupaten Minahasa memeliki visi terwujudnya Minahasa maju dalam ekonomi budaya dan berdaulat adil dan sejahtera telah menjabarkan program yang pro rakyat melalui RPJMD Kab. Minahasa. Program tersebut, kata dia tidak hanya dititik beratkan pada pembangunan infrastruktur saja, tetapi juga pada peningkatan pelayanan dasar yakni kesehatan dan pendidikan, pembangunan sumberdaya manusia, pengelolaan sumber daya alam, pengembangan potensi daerah serta peningkatan kepedulian sosial. 


    Hal tersebut, lanjut dia dapat dilihat dari bebrapa program pemberian seragam bagi siswa/i baru kelas 1 SD dan 1 SMP, gaji honor naik 300 persen, pembangunan dan rehab sekolah, pemberian BPJS kelas tiga secara gratis revitalisasi danau tondano, pemberian santunan duka, pemebrian administrasi kependudukan serta berkat sinergitas pemerintah pusat provinsi, di kabupaten minahasa akan dibangun jalan tol.


    “Saya berharap, momentum ini tidak hanya sebagai kegiatan seremonial tetapi kita harus menjaga dan merawat sehingga dapat bermanfaat bagi banyak orang dalam kurun waktu yang lama.” Harapnya.


    Diketahui, kegiatan peresmian dirangkaikan dengan pemberian bantuan pemkab minahasa kepada masyarakat Langowan Selatan, berupa bibit jangung untuk 200hektar, bibit padi untuk 50 H, bibit padi ladang 50h kadelai 40h, dan pupuk organik 590liter. Selain itu pemberian bantuan secara simbolis Penerima Keluarga Harapan (PKH) Rp 291.650.000 kepada 431 keluarga dan penyaluran restra untuk 613kpm sebanyak 10kg per bulan berjumalah 6.130kg.


    Selain Wabup, peresmian juga dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wilford Siagian. MA serta jajaran pemerintah Kab. Minahasa Anggota DPRD Kab. Minahasa Treis Kaligis, Camat Langowan Selatan Dolfi Tumangkeng, Kapolsek Langowan IPTU Fani Tumanduk SH, Danramil Pelda Herry Langi serta seluruh Hukum Tua se-langowan selatan.



    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 10 Pekerjaan Fisik ADD di Kecamatan Langowan Selatan Diresmikan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top