• Berita Terbaru

    April 04, 2019

    elnusanews/com April 04, 2019

    Laksanakan Simulasi Pemungutan Suara di Desa Lelema, KPU Minsel Optimis Pemilu 2019 Berlangsung Sukses

    MINSEL, Elnusanews- Tinggal 13 hari lagi akan dilaksanakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota legislatif. Berbagai upaya terus dilakukan KPU Minahasa Selatan guna menyukseskan pesta demokrasi 5 Tahun sekali.

    Salah satunya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tatacara pemilihan yang benar saat berada di TPS nanti, seperti yang dilakukan saat ini lewat simulasi di Desa Lelema Kecamatan Tumpaan pada, Kamis 4 April 2019.

    Divisi Teknis KPU Minahasa Selatan  Cristian Rorimpandey menyampaikan, bahwa simulasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada semua masyarakat Minahasa Selatan khususnya agar memahami betul tata laksanakan Pencoblosan, katanya.
    Dikatakan pula, Pemilu tahun 2019 ini berbeda dengan sebelumnya, yakni ada 5 kertas suara yang akan dipilih. Seperti kertas suara warna abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden, Merah DPD, Kuning DPR RI, Biru DPRD Propinsi serta Hijau DPRD Kabupaten/Kota.

    Lanjut dia, masyarakat berhak menolak kertas surat suara yang diberikan apabila tidak ditanda tangani terlebih dahulu oleh KPPS setempat. Atau mengembalikan kertas surat suara apabila diketemukan telah sobek atau di coblos.

    Selanjutnya KPU Minahasa Selatan hanya menyediakan alat coblos berupa paku, selebihnya dianggap tidak sah (Rokok, pulpen, kuku dll), tegas Rorimpandey.

    "Kami optimis pada Hari H nanti, seluruh masyarakat Minahasa Selatan bisa memahami tatacara pemilihan nanti. Sebab awalnya telah disosialisasikan terlebih dahulu oleh semua Relawan Demokrasi (Relasi) ke kedesa-desa, ungkapnya.

    Sementara Kapolsek Tumpaan Iptu Duwi Galih, SIK menyampaikan bahwa semua Pelanggaran dalam Pemilu nanti sepenuhnya diserahkan ke pihak Bawaslu. Selanjutnya akan mengerahkan sebanyak 20 personel dari Polsek Tumpaan sendiri dan selebihnya akan ada tambahan baik dari Polres Minahasa Selatan maupun Polda Sulut, ucap Galih.

    Simulasi di Desa Lelema ini, merupakan untuk kedua kalinya yang sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Modoinding.

    Terpantau hadir dalam simulasi ini, Komisioner KPU Minahasa Selatan, Ketua Bawaslu, Pabung 1302 Minahasa, Kaban kesbangpol, Kadis PMD, Kapolsek, Kumtua Lelema, Panwascam Tumpaan, PPK, KPPS.

    (Rela)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Laksanakan Simulasi Pemungutan Suara di Desa Lelema, KPU Minsel Optimis Pemilu 2019 Berlangsung Sukses Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top