• Berita Terbaru

    September 24, 2019

    elnusanews/com , September 24, 2019

    Franko C. Wangko Apresiasi MoU Smart City Manado – ITB


    Manado, Elnusanews - Franko C Wangko mengapreasiasi dan memuji langkah cerdas DR. Ir. GS Vicky Lumentut, S.H, M.S.i, DEA yang telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) tentang pengembangan dan implementasi Manado Smart City. Menurut Franko, ini semakin menunjukkan visi cerdas dari walikota Manado 2 Periode ini dan  langkah konkrit dalam mewujudkan Manado sebagai kota cerdas.

    “Bapak Walikota telah mempertegas kemampuan beliau dalam membangun Manado terutama dalam konteks implementasi Smart City, ini terbukti dengan keberadaan Manado sebagai salah satu kota terbaik dalam implementasi Smart City di Indonesia. Ini diindikasikan bukan hanya dari sekedar berbagai pujian, seperti yang pernah di lontarkan Ketua Komisi II DPR RI H. Zainudin Amali tapi juga oleh berbagai torehan prestasi di level nasional dan internasional”, pungkas Franko C Wangko.

    Langkah ini merupakah langkah stimultan dari upaya Panjang DR. Ir GS Vicky Lumentut, S.H, M.S.i, DEA untuk membuktikkan bahwa  programnya untuk menjadikan Manado sebagai Kota Cerdas atau Smart City ini benar-benar nyata dan mulai terbukti. Sebagai Walikota beliau telah memimpin sebuah langkah cerdas untuk menjadikan tekhnologi sebagai enabler atau pengungkit inovasi pelayanan masyarakat, artinya inovasi pelayanan yang berbasis tekhnologi, bukan teknologi yang berdiri sendiri.

    “Kunci dalam membangun Smart City adalah kepemimpinan, karena kepemimpinan yang kuat akan mendorong partisipasi masyarakat dan partisipasi masyarakat juga dapat dicapai jika visi dari inisiatif smart city dirasakan langsung oleh masyarakat. Di Manado 2 prasyarat utama ini telah tercapai dibawah kepemimpinan bapak DR. Ir GS Vicky Lumentut, S.H, M.S.i, DEA” Urai Franko C Wangko.

    “Sebagai dukungan langkah Pak Wali, dalam waktu dekat kami juga akan menginisiasi Komunitas MasaDepan 5.0, sebagai bagian dari upaya turut serta dalam upaya Pemkot Kota Manado dalam upaya membangun ekosistem digital di Kota Manado. Angka 5.0, bukan karena saya kader partai NasDem yang bernomor 5 tapi diinsprasi dari konsep Society 5.0, yaitu Masyarakat 5.0 adalah konsep teknologi masyarakat yang berpusat pada manusia dan berkolaborasi dengan teknologi (AI dan IoT) untuk menyelesaikan masalah sosial yang terintegrasi pada ruang dunia maya dan nyata. Sebelum Society 5.0 terdapat versi sebelumnya yaitu Society 1.0 (Masyarakat berburu), Society 2.0 (Masyarakat bertani), Society 3.0 (Masyarakat Industri) dan Society 4.0 (Masyarakat Informasi). Jadi pada dasarnya Society 5.0 merupakan era baru dalam kehidupan bermasyarakat yang sudah terintegrasi dengan sistem teknologi berupa IoT(Internet Of Things) dan AI (Kecerdasan buatan) yang dapat memproses big data dan menganalisa data tersebut. Kami ingin turut serta dalam visi besar pak Wali untuk mencerdaskan kehidupan bermasyarakat, kami bangga menjadi bagian dari langkah besar beliau untuk memajukan masyarakat Manado khususnya dan masyarakat Sulawesi Utara pada umumnya” Terang Franko C Wangko.
    (moris)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Franko C. Wangko Apresiasi MoU Smart City Manado – ITB Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top