• Berita Terbaru

    September 09, 2019

    elnusanews/com , September 09, 2019

    Kepsek Dan Operator Mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana Bos

    Manado, Elnusanews - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Manado, menggelar pelatihan dan uji coba aplikasi RKAS, Serta bimbingan teknis pengelolaan dana bos, pada senin (9/9/19), di Aula Serbaguna Pemkot Manado.

    Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari 9-11 september, dalam rangka memberi pembakalan kepada sekira 700-an peserta yang terdiri dari kepala sekolah (Kepsek) SD dan SMP dan operator.

    Menurut Kepala Dinas Dikbud Kota Manado Daglan Walangitan, selain pelatihan, para peserta juga dibekali dengan pengoperasian aplikasi (RKAS) Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah.

    “Tujuannya adalah adalah pengelolaan anggaran di sekolah efektif dan efisien, sekaligus menghindarkan para kepala sekolah dari hal-hal yang bersinggungan dengan hukum,” kata Walangitan.

    Ia menambahkan, kegiatan ini melibatkan pembicara dari sejumlah intansi teknis.

    “Ada nara sumber dari Inspektorat, ada pula dari BPK,” tuturnya sembari menambahkan, untuk materi pembuka disajikan oleh Sekda Kota Manado Micler C S Lakat.
    Sementara itu, Lakat dalam pemaparannya lebih berbicara kepada pendidikan secara umum. Dikatakannya, pendidikan merupakan urusan wajib, dan merupakan sebuah keharusan bagi sekolah untuk menunjang hal tersebut.

    “Pertanyaannya, apa yang harus ditunjang oleh sekolah? Jawabannya salah satu adalah pengalokasian anggaran yang efektif dan efisien,” kata Lakat.

    Menurutnya, jika pemanfaatan anggaran benar-benar tepat guna, maka bisa dipastikan kualitas pendidikan di Kota Manado akan semakin maju.

    “Tapi kalau kepala sekolahnya lebih berorientasi kepada bagaimana mendapat keuntungan dari dana BOS, jangan pernah berharap sekolah yang ia pimpin akan maju. Sebaliknya, kepala sekolah yang bersangkutan akan semakin dekat dengan masalah hukum,” urainya.

    Sebelumnya, Kabid Pembinaan SD di Dikbud Manado, Triana L Almas menyebutkan, salah satu tujuan lain dari kegiatan ini adalah mengevaluasi sejauh mana pemanfaatan dana bos.

    “Ini juga merupakan bagian dari preventif agar para kepala sekolah tidak terjerumus dengan persoalan-persolan hukum lantaran ada indikasi penyalagunaan anggaran,” ujar Almas.
    (moris)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kepsek Dan Operator Mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana Bos Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top