• Berita Terbaru

    February 07, 2023

    elnusanews/com February 07, 2023

    Ops Samrat 2023 Dimulai, Ini Target Sasaran Tilang


    BITUNG, Elnusanews - Jajaran Polres Bitung melaksanakan apel gelar pasukan operasi keselamatan Samrat Tahun 2023.

    Kegiatan itu dipusatkan di halaman mako Polres Bitung, dimulai sekira Pukul 08:00 Wita dipimpin langsung oleh Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma, Pada apel tersebut diikuti oleh seluruh personel Polres Bitung dan TNI bersama pemerintah setempat dan tamu undangan, Selasa (7/2/2023).

    Kapolres Bitung, AKBP Alam Kusuma S Irawan SH SIK MH saat membacakan sambutan Kapolda Sulut sesuai arahan Kapolri mengatakan, pelaksanaan ini untuk menciptakan sitkamseltibcar lantas yang aman dan kondusif menjelang perayaan idul fitri 1444 h. Operasi tersebut, bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

    "Nah, perlu kita ketahui bersama bhwa ops keselamatan tahun 2021/2022 untuk data tilang turun -41,77% dan teguran naik 15,35% untuk data laka, jumlah kejadian turun 13,85%, meninggal dunia turun -42,86 %, luka berat turun -25% dan luka ringan turun -27,5%, harapan ops keselamatan samrat 2023 dapat menurunkan lagi angkanya, setidaknya dapat mempertahan sehingga tidak rerjadi peningkatan baik pelanggaran maupun kecelakaan.”urai Kapolres

    Ia menjelaskan, operasi yang akan digelar selama 14 hari ini, sejak 07 februari sampai 21 februari 2023, menyasar pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan gangguan, ambang gangguan, kemacetan dan laka lantas.

    Oleh karena itu, Kapolres menegaskan, ada 8 target operasi yang akan disasar saat pelaksanaan operasi Keselamatan Samrat 2023 ini.

    "Pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel, pengemudi kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, pengendara roda dua berboncengan lebih dari 1 orang, pengemudi yang tidak menggunakan helm & safety belt, mengemudikan 

    kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol, pengemudi yang melawan arus lalu lintas, pengemudi yang melebihi batas kecepatan, kelengkapan kendaraan dengan menggunakan knalpot brong/ bising dan kendaraan tidak menggunakan plat nomor/tnkb.”tegasnya.

    Jadi kata Kapolres menjelaskan, dalam pelaksanaannya lebih mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, edukatif serta persuasif dan humanis, di dukung penegakkan hukum secara elektronik ataupun teguran simpatik.

    "Karena tujuan kita adalah sama untuk melayani masyarakat, laksanakan dengan profesional dan proporsional serta menjunjung tinggi ham, hindari arogansi personil dilapangan dengan memberikan app sebelum dan setelah pelaksanaan operasi. jaga keselamatan kesatuan baik keselamatan pribadi dan kehormatan institusi dalam pelaksanaan tugas wujudkan pelayanan aparat negara yang humanis dan bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme.”tandasnya  (*) 

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ops Samrat 2023 Dimulai, Ini Target Sasaran Tilang Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top