• Berita Terbaru

    February 23, 2023

    elnusanews/com , February 23, 2023

    Kesbangpol Sulut Gencar Lakukan Sosialisasi Program Paskibraka



    SULUT,Elnusanews - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Daerah Provinsi melalui Bidang Bina Ideologi Pancasila gencar melakukan sosialisasi terkait program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Kali ini,
    Bidang Bina Ideologi Pancasila Kesbangpol Sulut melakukan Sosialisasi Program Paskibraka dalam kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Atas (SMA) se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bertempat di SMA Negeri 1 Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kamis (23/2/2023).

    Dalam kegiatan MKKS tersebut, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Fery Sangian didampingi Kepala Bidang Bina Ideologi Pancasila Hendra Tambajong SH menjadi salah satu pemateri atau narasumber untuk sosialisasi program paskibraka.

    Dihadapan para kepsek SMA se Sulut pada kegiatan MKKS tersebut, Fery Sangian membeberkan terkait sosialisasi program paskibraka.

    "Ada sejumlah poin penting yang harus saya sampaikan saat ini yakni dalam sosialisasi program paskibraka, yang pertama menekan radikalisme pada anak didik. Dan yang kedua, anak didik dapat
    mempersiapkan kader bangsa menatap tahun emas Indonesia merdeka 2045. Ketiga persiapkan kader daerah untuk memasuki perguruan tinggi, dan sekolah Kedinasan yang unggul. Contohnya sekolah, TNI/Polri dan sekolah - sekolah kedinasan lainnya," kata Fery Sangian.

    Lanjut Sangian, kehadiran Paskibraka menjadi hal yang dinantikan oleh semua lembaga baik nasional ataupun kota dan kabupaten. Setiap sekolah terutama Sekolah Menengah Atas (SMA) harus mampu menyiapkan pasukan peserta Paskibraka minimal 10 siswa.

    “Setiap tahun dilaksanakan seleksi anggota Paskibraka secara terbuka. Dan diharapkan pelaksanaan di tahun 2023 harus lebih baik dari mulai proses penyelenggaraan dan juga hasilnya,” ujarnya.

    Senada dengan Kaban Kesbangpol Daerah Sulut, Kepala Bidang Bina Ideologi Pancasila Hendra Tambajong SH, mengatakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor: 3 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 20222 disebutkan Bahwa pelaksanaan Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) secara nasional dibawah koordinasi BPIP.

    Tambajong membeberkan tujuan sosialisasi ini dalam rangka persiapan pembentukan Paskibraka tahun 2023 di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat.
      
    "Jadi seleksi paskibraka tahun 2023 ini mengaju pada seleksi Transparan, terintegrasi dari Kab/Kota, Provinsi sampai ke BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila)," tegasnya.

    Lanjut Hendra sapaan akrabnya menyebutkan paskibraka juga sebagai representasi putra dan putri terbaik bangsa yang dibentuk dengan semangat jiwa untuk mempertahankan ideologi Pancasila.

    "Jadi diharapkan semua proses dan yang terpilih menjadi pasukan pengibar bendera pusaka dapat menjadi kebanggan dan role model bagi teman-teman, sekolah, dan orang tua. Peran paskibra untuk membentuk generasi muda yang cinta NKRI. Dan perlu digaris bawahi pelaksaan pengibaran harus lebih baik dari tahun ke tahun,” pungkasnya.

    Diketabui untuk pendaftaran Paskibraka  secara Nasional akan di tutup pada tanggal 3 Maret 2023 mendatang.

    (ROKER)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kesbangpol Sulut Gencar Lakukan Sosialisasi Program Paskibraka Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top