• Berita Terbaru

    February 22, 2023

    elnusanews/com February 22, 2023

    Soal Usul Pahlawan Nasional, Jacob; Saatnya Perjuangan Dilanjutkan


    SANGIHE, Elnusanews - Upaya Pj Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan memperjuangkan Bataha Santiago menjadi Pahlawan Nasional diapresiasi sejumlah kalangan. Pasalnya, harapan warga Sangihe agar Santiago ikut masuk dalam daftar Pahlawan Nasional ini telah lama dinanti - nantikan. 

    Hal ini dibenarkan oleh Ronny Surya Jacob, mantan pejabat di Dinas Sosial Kabupaten Sangihe yang mengakui pernah berjuang untuk hal tersebut. 

    Kepada sejumlah media, Jacob menuturkan, perjuangan mengusulkan nama Pahlawan Sangihe Bataha Santiago menjadi Pahlawan Nasional telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu dan warga Sangihe cukup lama menanti hasilnya.

    "Jika hari ini ada langkah - langkah yang dilakukan oleh Pj Bupati Sangihe, itu adalah langkah tepat yang patut didukung dan diapresiasi," tutur Jacob

    "Kami dukung penuh langkah Pj Bupati untuk melanjutkan perjuangan Bataha Santiago yang pernah diusulkan sebelumnya" Tegasnya. 

    Lebih jauh mantan Kabid Linjamsos Dinas Sosial Sangihe ini menceritakan bahwa sekitar tahun 2015 - 2016, dirinya bersama Dinas Sosial dan Tim Penggagas telah mengusulkan Bataha Santiago menjadi Pahlawan Nasional.

    Menurutnya, tahapan dan syarat untuk usulan itu telah dipenuhi, antara lain, seminar sejarah, buku sejarah Santiago dan bahkan tim Kementrian bersama Sejarawan dan Budayawan telah mengunjungi Sangihe dan berbagai persyaratan lainnya. 

    "Kabar terakhir saat itu adalah, usulan Bataha Santiago tinggal menunggu pengesahan Presiden" Jelas lelaki yang biasa disapa Ronjab ini.

    Perjuangan yang dilakukan oleh Pj Bupati dan Ketua DPRD Sulut kali ini, lanjut Ronjab, harus didukung penuh agar harapan warga Sangihe bisa terwujud dengan masuknya nama Bataha Santiago kedalam daftar Pahlawan Nasional

    . "Lanjutkan perjuangan, kami mendukung upaya Pj Bupati. Semoga ditangan ibu Rinny Tamuntuan, usulan tersebut bisa terealisasi" Tutup Ronny Jacob.

    (Opmud)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Soal Usul Pahlawan Nasional, Jacob; Saatnya Perjuangan Dilanjutkan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top