• Berita Terbaru

    February 27, 2023

    elnusanews/com February 27, 2023

    Via Zoom Meeting, Wawali Hengky Ikuti Arahan Kemendagri


    BITUNG, Elnusanews - Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar,S.E bersama Forkopimda Kota Bitung dan para Kepala Perangkat Daerah mengikuti Rakor Inflasi Daerah Secara Virtual, di ruangan kerja Wakil Walikota Bitung, Senin (26/2/2023). 

    Dalam kegiatan tersebut, Menteri Dalam Negri Memaparkan materi tentang pengendalian inflasi Tahun 2023, dan membahas langkah-langkah konkret pengendalian inflasi di daerah masing-masing tahun 2023.

    Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian juga menyampaikan kembali arahan Presiden Republik Indonesia pada rapat kerja nasional asosiasi pemerintah provinsi seluruh Indonesia yang menekankan tentang.

    "Peningkatan Konsumsi dan Belanja Masyarakat, PPKM telah dicabut, mobilitas dan belanja masyarakat harus di genjot, manfaatkan Even-even Seni dan olahraga, permudah perijinan untuk meningkatkan ekonomi.promosikan desa wisata untuk menyerap produk UMKM daerah,"ucapnya.

    Lanjutnya, Hilirisasi Produk itu bukan hanya di nikel, tembaga (hasil tambang) akan tetapi juga ada di perikanan, pertanian dan perkebunan.

    Ia mengatakan, Pastikan Ketersediaan Pangan di Daerah Masing-masing, Jaga harga dan jaga pasokan, sinergi antar daerah penting terutama bagi daerah surplus kepada daerah yang kurang kontrol langsung dengan turun kepasar karna ini menyangkut dengan inflasi. 

    "Belanja Produk Dalam Negeri mendorong APBD untuk membeli produk dalam negri agar dapat membantu UMKM naik kelas,"ucapnya.

    Lebih dalamnya ia berharap peningkatan iklim Investasi, tolong di cek kembali terkait kemudahan perizinan dan tingkatkan daya tarik untuk melakukan investasi.

    "Dalam hal ini, arahan presiden tentang pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi yaitu, kepala daerah terus memonitor setiap minggu dan menjaga pertumbuhan ekonomi dan inflasi, kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional. Pelaksanaan rapat TPID secara regular rutin (mingguan) perintahkan Sekda sebagai Kasatgas pangan agar mengendalikan harga pangan. Jadi di Daerah-daerah yang kurang terkendali segera lakukan intervensi pengendalian, pemerintah pusat juga memonitor melalui TPIP (khususnya tarif PLN,PDAM,angkutan Kota),"tandasnya. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Via Zoom Meeting, Wawali Hengky Ikuti Arahan Kemendagri Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top