• Berita Terbaru

    November 25, 2015

    elnusanews/com , November 25, 2015

    Pendaftaran CPNS tahun 2016 Akhirnya Telah Resmi Dibuka, BKD: Untuk Sulut Tunggu Juknis

    SULUT,ELNUSANEWS - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyatakan moratorium rekrutmen CPNS pada 2016 sifatnya terbatas. Artinya, masih ada formasi tertentu yang dibuka lantaran sejumlah instansi masih sangat membutuhkan pegawai baru.

    “Moratorium bukan berarti tidak menerima pegawai baru sama sekali. Koridornya masih di moratorium terbatas dan jumlah yang diangkatkan pun sangat sedikit karena hanya menggantikan yang pensiun saja,” kata Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Bambang Dayanto Sumarsono kepada elnusanews.com seperti dikutip pada JPNN, Rabu (4/11).

    Rencananya, formasi yang dibuka adalah tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan penegak hukum. Adapun tenaga kesehatan terdiri dari bidan PTT, dokter PTT, perawat, tenaga kesehatan lainnya. Kuota yang disiapkan sekitar 42 ribu.

    “Untuk tenaga kesehatan bidan PTT dan dokter PTT, Kemenkes harus berkoordinasi dengan pemda,” ujarnya.

    Formasi tenaga pendidik diprioritaskan untuk guru 3T (terluar, terdepan, tertinggal). Jumlahnya, sekitar 3.000-an. Formasi tenaga penegak hukum sekitar 1.000-an.

    “Guru 3T akan diprioritaskan. Berapapun yang diajukan Kemdikbud untuk 3T akan diberikan karena ini mendukung program presiden,” ujarnya.

    Selain tiga formasi tersebut, pemerintah juga mengalokasikan untuk lulusan sekolah ikatan dinas sekitar 5.000-an. Sekolah ikatan dinas ini, antara lain, Sekolah Tinggi Sandi Negara milik Lemsaneg, Sekolah Tinggi Intelegen (BIN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (BPS), serta sekolah untuk penjaga sipir/lapas dan imigrasi (Kementerian Hukum dan HAM).

    Selain itu, ada juga sekolah D2 dan D3 Perpajakan milik Kementerian Keuangan, sekolah pengamat gunung berapi (BMKG), dan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN).

    Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Utara  (SULUT), Femmy Suluh, ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp  (WA) nya menyebutkan untuk Sulawesi Utara sendiri belum ada kepastian. 

    "Kami BKD Sulut masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari pemerintah pusat. Kalau formasi sudah ditetapkan oleh Men-Pan biasanya bersamaan dengan petunjuk teknis (Juknis) kami baru mulai action," ungkap Suluh kepada elnusanew.com, Rabu (25/11) pagi tadi.

    Namun Femmy berharap penerimaaan CPNS di Sulut tahun depan dibuka.

    "Karena kami masih membutuhkan tenaga teknis untuk pegawai negeri sipil," tukasnya. 

    Perlu diketahui Bulan Maret 2016 menjadi awal pembukaan tes CPNS hingga pertengahan tahun (meski pada penerpannya bisa dimulai april, mei, juni ataupun juli), dan masih menunggu kabar selanjutnya.

    Pendaftaran online dan juga pengiriman berkas sesuai dengan syarat lamaran yang telah ditentukan oleh daerah penyelenggara tes CPNS 2016 yang akan berlangsung hingga bulan agustus hingga sepetember.

    (Roker)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pendaftaran CPNS tahun 2016 Akhirnya Telah Resmi Dibuka, BKD: Untuk Sulut Tunggu Juknis Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top