• Berita Terbaru

    November 20, 2015

    elnusanews/com November 20, 2015

    Rampangiley: Bencana Sudah Menjadi Isu Global

    SULUT,ELNUSANEWS - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangiley, menegaskan, saat ini bencana alam tidak hanya menjadi isu lokal akan tapi sudah menjadi isu global. 

    Penegasan itu disampaikan Rampangiley dihadapan Rakor Siaga Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor Tingkat Provinsi Sulut, yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut, Jumat (20/11).

    Mengingat bencana alam tidak bisa diprediksi kapan itu terjadi, namun kita harus mewaspadainya, karena kejadian bencana selain telah banyak merengut jiwa manusia, tapi juga telah mengganggu hasil-hasil pembangunan berkelanjuntan, dimana pertumbuhan ekonomi bisa terganggu oleh karena bencana, apakah gunung meletus, banjir maupun kebakaran hutan, ujar mantan Dan Lantamal VIII Manado itu.

    Oleh karena itu, mantan Deputi I Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI meminta, pemerintah daerah harus melakukan Early Warning Sistem, berupa deteksi dini, agar masyarakat bisa terhindar dari resiko bencana, sembari menambahkan, yang jelas bencana itu mengancam keselamatan jiwa manusia.

    Karena itu konsep pengurangan resiko bencana diharapkan mampu dilaksanakan oleh pemerintah daerah, tandas Jenderal bintang dua yang murah senyum ini.

    Sebelumnya Penjabat Gubernur Sulut, Dr Sumarsono MDM yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung MSi saat membuka sosialisasi tersebut mengatakan, beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama dalam mengantisipasi terjadinya banjir dan tanah longsor antara lain kondisi infrastruktur seperti bendungan, talud dan saluran air serta kondisi daerah aliran sungai, logistik  pangan dan obat-obatan, penetapan titik-titik rawan longsor, jalur evakuasi dan titik pengungsian serta tentunya kesadaran masyarakat terkait berbagai upaya pencegahan bencana yang dapat dilakukan dan langkah-langkah strategis jika terjadi bencana.

    Turut hadir Deputy Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Harmensyah, Direktur Tanggap Darurat Drs Junjungan Tambunan, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik Tetty Saragih, Kaban BPBD Ir Noldy Liow.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rampangiley: Bencana Sudah Menjadi Isu Global Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top