• Berita Terbaru

    November 21, 2015

    elnusanews/com November 21, 2015

    Warga Purworejo Boltim Terima Seperangkat Alat Musik Gamelan dari Sumarsono

    BOLTIM,ELNUSANEWS - Penjabat Gubernur SuluDr Sumarsono MDM, saat melakukan temu kangendengan Komunitas Masyarakat warga Jawa di DesaPurworejo, Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), di alun-alun lapangan Arjuna Desa Purworejo, Sabtu pagi (21/11).

    Dalam kunjungan ke desa tersebut, Gubernur Sumarsono akhirnya tepati janjinya. Menyerahkan bantuan Wayang Kulit dan seperangkat alat musik tradisional Gamelan.

    "Guna melestarikan Seni Karawitan bagi generasi penerus, walaupun jauh terpisah dengan para leluhur di Tanah Jawa," ungkap Sumarsono.

    Lanjut Sumarsono, mengungkapkan rasa bangganya atas keuletan dan harmonisasi kehidupan warga Jawa yang ada di Bolaang Mongondow, karena seperti diketahui, sekitar kurang lebih 2 abad berselang  manakalah  mendiami Bumi Totabuan sebagai Pekerja di ladang kopi Perkebunan Hindia Belanda, di Kaki Gunung Ambang, yang saat ini dikenal dengan Desa Purworejo Raya, kala itu, hingga saat ini  mampu beradaptasi dengan tradisi budaya lokal yang ada, serta mampu pula menjaga dan melestarikan adat budaya Jawa secara turun temurun hingga sekarang, ujar putra Tumenggung-Jawa Timur ini yang menyampaikan Sambutan dalam Dialeg Jawa yang kental.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Warga Purworejo Boltim Terima Seperangkat Alat Musik Gamelan dari Sumarsono Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top