• Berita Terbaru

    June 09, 2016

    Elnusanews , June 09, 2016

    Masyarakat Pulau Bangka Desak Pemerintah Cabut IUP PT MMP

    Foto : Rocky Wowor saat menerima aspirasi masyrakat pulau Bangka
    DEPROV, Elnusanews - Puluhan orang yang tergabung dalam aliansi masyarakat pulau Bangka, Kamis (9/6/16) siang, menggelar aksi demo didepan kantor DPRD Sulut.

    Para masyarakat pulau Bangka menyuarakan beberapa hal terkait dengan dibukanya kembali kegiatan produksi pertambangan dari PT  Migro Metal Perdana (MMP) yang dinilai dapat membuat penghancuran pulau Bangka semakin nyata.

    Menurut Maria Taramen yang juga merupakan salah satu aktivis lingkungan di pulau Bangka menuturkan masalah pertambangan di pulau bangka ini bukan baru sekarang saja. akan tetapi kasus pulau bangka ini sudah dari tahun 2008.

    " Setiap kali kami datang ke DPRD, para anggota DPRD selalu menjajikan akan melakukan hearing, namun sampai sekarang tak kunjung dilakukan. Tapi kita tetap masih percaya ada beberapa anggota dewan yang lama kemudian masih terpilih sampai sekarang yang masih berjanji ke masyarakat, mereka mungkin harus bertanggung jawab kemasyarakat pulau Bangka," ujar Taramen.

    Ia (Taramen Red) juga mengatakan sampai dengan detik ini dewan sendiri seperti menutup mata atas pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di pulau Bangka.

    "Nah, di pulau Bangka itu perusahaan, menurut putusan MA sudah harus keluar, tetapi dimana torang pe anggota dewan, dimana torang pe pemerintah Minut, torang pe pemerintah Sulut,"tukasnya.

    Berikut beberapa tuntutan masyarakat pulau Bangka, diantaranya :

    1. Meminta Gubernur Sulut untuk segera mencabut SK Izin Usaha Pertambangan (IUP).

    2. PT MMP harus hormati proses hukum negara ini, dan segera berhenti dan keluar dari pulau Bangka.

    3. Pansus DPRD provinsi Sulut yang membahas Ranperda Zonasi harus mengakomodir pulau Bangka sebagai kawasan perikanan dan pariwisata.

    Aspirasi dari masyarakat pulau Bangka tersebut diterima langsung oleh anggota DPRD Sulut, Rocky Wowor. Wowor yang juga merupakan salah satu anggota pansus RZWP3K meminta agar para pendemo untuk hadir dan duduk bersama untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut.

    Dihadapan para pendemo juga, Wowor menyampaikan keprihatinannya terhadap persoalan pertambangan yang ada di pulau Bangka.

    " Saya sebagai anggota pansus Zonasi sudah menyoal tentang suatu hal yang ada di pulau Bangka sehubungan dengan adanya pelabuhan di desa Libas, dimana desa Libas tersebut berhadapan langsung dengan laut lepas yang dicurigai sebagai aktivitas dari suatu perusahaan tambang," pungkasnya.

    Sementara aksi demo tersebut mendapat pengawalan dari aparat kepolisian. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Masyarakat Pulau Bangka Desak Pemerintah Cabut IUP PT MMP Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top