• Berita Terbaru

    April 25, 2017

    Elnusanews April 25, 2017

    Pemotoongan ADD T.A 2016, Masih Jadi Trending Topik di Sangihe

     foto : Alex Landeng
    TAHUNA, Elnusanews--. Pemotongan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2016 khususnya di 145 Kampung di Kabupaten Sangihe hingga kini menjadi isu hangat yang terus berhembus dan menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Betapa tidak, pemotongan tersebut diduga tidak sesuai aturan dan menghambat pembangunan di Kampung/Desa. 

    “Kami sudah melakukan kroscek di Kementrian Desa, ternyata tidak ada perintah atau intruksi untuk memotong dana tersebut. Apalagi pemotongan ADD setiap kampung mencapai ratusan juta,” ungkap salah satu warga yang di aminkan warga lainnya. 

    “Ada beberapa kampong yang sudah kami datangi dan menanyakan masalah pemotongan ini, dan ternyata benar. Oleh karena itu mereka sampai ini belum memasukan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) ke Pemkab Sangihe dikarenakan pembangunan yang mereka kerjakan di Kampung belum selesai dikarenakan keterbatasan anggaran,”tambahnya. 

     Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) melalui kepala Bidang Pemerintahan Desa, Alex Landeng ketika dikonfirmasi harian ini tak menapik akan hal itu. 

    Berdasarkan surat Kementrian Keuangan RI Nomor 10/MK.07/2016 tentang pengurangan/pemotongan DAK Fisik secara mandiri Tahun anggaran 2016. Dalam isi surat edaran tersebut kata Landeng antara lain, sehubugan dengan adanya perubahan dari beberapa asumsi makro dan target penerimaan Negara sebagai dampak dari kondisi ekonomi domestic dan global, perlu dilakukan perubahan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016,"katanya. 

    Dirinya menegaskan "Rancangan perubahan APBN 2016 tersebut mencakup penurunan target penerimaan Negara dan pengurangan belanja Negara, baik belanja pemerintah pusat (Khususnya belanja kementrian/ lembaga), maupun transfer ke Daerah dan Dana Desa. Dan ini berlaku tak hanya di Sangihe tapi di semua Republik ini,” tegas Landeng. Sembari menambahkan, selama pihaknya berdiri dalam aturan dan petunjuk pihak kementrian Keuangan tak pernah akan takut meski berhadapan dengan hukum. (Sky)
    • Comments
    • FB Comments

    2 komentar:

    1. Ya bos betul aturan menteri itu kan DAknya tapi dana desa yg sdh di transferkan dari RKUN ke RkUd harus murni ke desa bukan dipotong... Bedakan dong. Masyarakat bkn bodoh yg mdh di bodoh bodohi.

      ReplyDelete
    2. Ya bos betul aturan menteri itu kan DAknya tapi dana desa yg sdh di transferkan dari RKUN ke RkUd harus murni ke desa bukan dipotong... Bedakan dong. Masyarakat bkn bodoh yg mdh di bodoh bodohi.

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Pemotoongan ADD T.A 2016, Masih Jadi Trending Topik di Sangihe Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top