• Berita Terbaru

    December 17, 2018

    elnusanews/com December 17, 2018

    Pinasungkulan Dicanangkan Jadi Kampun KB

    MINAHASA, Elnusanews - Desa Pinasungkulan Kecamatan Tombariri dicanangkan sebagai salah satu Kampung KB oleh Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi, (ROR) Senin 17/12/2018. Desa Pinasungkulan merupakan 1 (satu) dari 18 Desa yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa.


    “Adapun tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK).” Ujar Bupati ROR saat membawakan sambutannya.


    Program KKBPK ini, menurutnya sebagai upaya mewujudkan agenda prioritas pembangunan Nasional yang dikenal dengan 9 (sembilan) prioritas nawacita. Dari situ program ini dijabarkan dan diaktualisasikan di daerah-daerah oleh pemerintah daerah melalui unit kerja yang menjadi mitra kerja BKKBN, yakni dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana Kabupaten Minahasa.


    Selanjutnya, melalui program strategis ini, dirinya menegaskan untuk meningkatkan peran serta dalam melaksanakan program-program, baik yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten maupun di Desa.


    “Dengan dicanangkan kampung KB di Desa Pinasungkulan ini, maka Desa ini beserta 18 Desa lainnya menjadi Desa binaan bagi seluruh SKPD dan menjadi fokus program dan kegiatan seluruh SKPD terkait.” Ujar Bupati ROR.


    Dijelaskannya juga bahwa, keberhasilan program KB itu tidak hanya ditandai dengan banyaknya penggunaan alat dan obat kontrasepsi, tetapi yang jauh lebih penting adalah terjadinya perubahan cara pandang, mental, pola sikap dan perilaku individu atau masyarakat termasuklah didalamnya peserta didik.


    “Kedepan saya berharap kampung KB di Kabupaten Minahasa dibina dengan sebaik-baiknya, bukan hanya mengejar  terbentuknya kampung KB di masing-masing kab/kota serta Kecamatan, namun yang lebih strategis adalah bagaimana menjadikan kampung KB sebagai pilot project yang mengena pada sisi kehidupan masyarakat Desa.”pungkasnya semberi juga berharap dalam kepemimpinanya bersama Wakil Bupati 227 Desa bisa menjadi Kampung KB.


    Sebelumnya, pencangan Kampung KB didahului laporan Kepala Dinas BKKBN Dra.Joula Mamahani, yang mengatakan bahwa Secara umum, tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.


    “Sedangkan secara khusus, Kampung KB ini dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.” Kata Mamahani.


    Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Drs.Sugiatno MM, Kapolsek Tombariri, Jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa, camat dan hukum tua, masyarakat yang hadir.



    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pinasungkulan Dicanangkan Jadi Kampun KB Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top