• Berita Terbaru

    December 11, 2018

    Elnusa News , December 11, 2018

    Kerja Hebat! Ini Terobosan Bapenda Provinsi Sulut 2018

    Kepala BAPENDA SULUT Olvie Atteng SE M.Si
    SULUT,Elnusanews - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dibawah nakhoda Olvie Atteng SE M.Si berhasil menelorkan sejumlah inovasi bahkan prestasi yang membanggakan di tahun 2018, dengan Inovasi e-SAMSAT OD-SK (Online Dalam Selesaikan Kewajiban) yang mendapatkan terbaik 1 dalam kompetisi penyelenggaraan pelayanan public se-Sulawesi Utara. 
    Bapenda Sulut yang dipimpin Olvie Atteng SE, M.Si kembali berhasil melahirkan lagi sejumlah inovasi pelayanan publik berkat kerja keras bersama dengan Ditlantas Polda Sulut, PT. Jasa Raharja Sulut dan Bank SulutGo. Dengan mengacu pada visi: Terdepan Dalam Pengelolaan Pendapatan Daerah dan Pelayanan Prima dan Misi : Mengembangkan kebijakan pendapatan daerah yang dapat diterima masyarakat, partisipatif, bertanggung jawab dan berkelanjutan, maka Bapenda Provinsi Sulut berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima (excellent service) terpercaya transparan dan akuntable, serta mewujudkan sumber daya manusia aparatur yang berdedikasi,berintegritas tinggi dan profesional dalam membangun sistem kelembagaan yang berbasis kompetensi. Adapun berbagai inovasi yang berhasil dibuat Bapenda Provinsi Sulut dalam meningkatkan pelayanan publik meliputi :
    - Inovasi seeSAMRATsmart, yaitu Sistem Penelusuran, Penagihan dan Pembayaran Pajak Kendaraan Bemotor Sulawesi Utara, yang didalamnya Masyarakat/Wajib Pajak dapat memperoleh informasi Pajak Ranmor secara akurat dan akuntabel yang dibawakan oleh petugas Bapenda Sulut secara Door to Door, By Name By Adress. - Razia Kendaraan Bermotor Online, yang dilakukan kerjsama Ditlantas Polda dan Jasa Raharja Sulut, dimana masyarakat dapat membayar PKB ditempat Razia. - Inovasi Cek Info Pajak Kendaraan Sulut melalui Smartphone Adroid pada Google Store. - Cek info PKB melalui SMS Gate way pada 0811 847 2018. - Pembayaran PKB melalui ATM/Teller dan M-Banking Bank SulutGo. - MOU dengan Dukcapil, PTSP, DJP, BPHTP. - Layanan Pengaduan dan Informasi. - Mall Pelayanan Publik. - Tax Clearence. - Program Siap Membangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi. - Program Keringanan dan Pengurangan Pajak Daerah Tahun 2018. 

    Adapun Penghargaan yang ditorehkan oleh Bapenda Provinsi Sulut yakni : - Terbaik 1 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik se-Sulawesi Utara 2018 dengan Inovasi seeSAMRATsmart - Mendapatkan Kategori Baik Unit Penyelenggara Pelayanan Publik TAhun 2018 oleh Kementrian PAN-RB.  - Mendapatkan Piagam Penghargaan dari Serikat Perusahaan Pers Indonesia Cab. Sulut sebagai Journalist Friendship Tahun 2018. Kedepan Pengembangan Pelayanan Tahun 2019 meliputi : 

    E-ARSIP RANMOR SILUT, E-RETRIBUSI, MALL PELAYANAN PUBLIK DI MANTOS DAN TRANSMART STUDIO KAIRAGI, PENGEMBANGAN SARPRAS LAYANAN PUBLIK  serta Pengembangan Samsat Drive thrue, Samsat Corner, Samsat Mobile, Samsat Outlet dan Samsat Dukung Tindak Lanjut MOU dengan Dukcapil, dan PTSP terkait NIK dan Data Perusahaan dan Penambahan Unit Pelayanan Samsat Unggulan, berupa Samsat Dukung, Samsat Delivery, Pembayaran PKB melalui mesin EDC.
    - Sosialisasi Pajak Daerah di Seluruh Kab/Kota se-Sulut. - Sosialisasi dan Distribusi Dana Bagi Hasil Pajak Provinsi dan Pajak Rokok untuk Kab/Kota. - Pengadaan Karcis Retribusi untuk Tahura dan Terminal. - Perda Provinsi Sulut Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pajak Daerah. - Perda Prov. Sulut No. 5 Tahun 2018 tentang Retribusi Daerah. - Evaluasi Kinerja Aplikasi SAMSAT Online Bank SulutGo mengalami Trend Positif, mencapai 34.942 transaski/kendaraan dengan total Rp. 37 Miliyar s/d Oktober 2018 atau meningkat 5 kali lipat dibandingkan bulan Oktober 2017. - Capaian target s/d 5 Desember 2018, 95,26% dari target Rp. 1.018.556.930.901 - Optimalisasi terhadap aset Daerah (kekayaan Daerah) untuk dilakukan pemanfaatan aset dengan mekanisme kebijakan pemanfaatan aset. Tentu dari keseluruhan capaian inovasi tahun 2017 lalu dan tahun 2018 ini berhasil dilahirkan Kepala Bapenda Olvie Atteng CS tersebut mampu menuai hasil yang sangat memuaskan. Hasil yang gemilang itu menurut Kaban Olvie Atteng merupakan kerja keras bersama antara Bapenda Provinsi Sulut dengan Polda Sulut dan Jasa Rahardja. Bahkan meski sudah meraih penghargaan tersebut, Bapenda makin memotivasi diri dengan capaian-capaian yang bisa dikatakan sangat gemilang.  

    Terbukti capaian target pada posisi 5 Desember 2018 Bapenda Provinsi Sulut telah menembus presentase 95,26% dari target Rp 1.018.556.930.901. Bahkan, Atteng optimis hingga akhir tahun ini target tersebut bisa tercapai hingga 100% atau bahkan melampaui. Bukan hanya itu, ternyata Bapenda Provinsi Sulut juga menghadirkan program keringanan serta pengurangan pajak kendaraan bermotor dan bahkan bea balik nama. Program itu digulirkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE melalui Bapenda Provinsi Sulut dalam rangka menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2019. Untuk itu harus lebih optimal dalam pemungutuan retribusi dengan diberlakukannya UU nomor 23 khusus pelimpahan kewenangan baik di Kabupaten/Kota maupun Pusat ke Provinsi. Selain itu dalam mengoptimalisasian terhadap aset daerah (kekayaan daerah) untuk dilakukan pemanfaatan aset dengan mekanisme kebijakan pemanfaatan dalam rangka mewujudkan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) menuju Sulut Hebat yang lebih baik.

    (roker)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kerja Hebat! Ini Terobosan Bapenda Provinsi Sulut 2018 Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top