• Berita Terbaru

    December 14, 2018

    elnusanews/com , December 14, 2018

    Pemkab Minahasa Terima LHP Atas Efektivitas Sumber Daya Kesehatan Dari BPK -RI

    MINAHASA, Elnusanews - Pemerintah Kabupaten Minahasa menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Efektivitas Sumber Daya Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional Tahun 2017 dan Semester 1 (satu) tahun 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan Repoblik Indonesia (BPK-RI), Jumat 14/12/2018. 
    Penyerahan berlangsung pada acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) Semester II Tahun 2018, di Kantor BPK-RI, Jl 17 Agustus Kota Manado oleh Kepala BPK-RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Tangga Drs Mulyaman Purba MM kepada Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi. Dikesempatan itu, Kepala BPK-RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Tangga Drs Mulyaman Purba MM mengatakan bahwa LHP Kinerja dan PDTT, mengacu pada beberapa hal penting. Menurutnya, untuk pemeriksaan atas LHP Kinerja, melihat dari tiga hal utama yakni ekonimis, efisiensi dan efektivitas, dan bukan untuk mencari-cari kesalahan, sedangkan LHP PDTT untuk melihat kepatutuan. Lanjut dikatakannya bahwa, dalam pemeriksaan kinerja ada tiga objek pemeriksaan yakni mengenai Kesehatan yakni JKN, pendidikan yakni BOS dan DAK, serta dan Dana Desa. 
    Menurut Mulyaman, pihaknya mencari dimana lemahnya dari tiga objek itu dan nantinya akan dilihat tujuan dan hasilnya. Dari hasil pemeriksaan dirinya mendapati masih kurang efektif yang artinya dengan kriteria yang sudah disepakati, masih ada yang belum tepat sasarannya. “Kami menjelaskan semua dalam LHP yang perlu diperbaiki dengan tujuan perbaikan kinerja. Sekali lagi BPK bukan mencari kesalahan, sehingga memang ada Kabupaten/ Kota menutup-nutupi informasi yang pada akhirnya tidak bisa diperbaiki padahal pemeriksaan ini untuk memperbaiki bukan untuk mencari kesalahan. Jadi kedepan jangan takut memberikan informasi ketika BPK melakukan pemerisaan,” tukasnya “Intinya hasil LHP masih kurang efektif, tapi jangan berkecil hati karena ini belum opini. Jadi nanti bagaimana kita membenahi kelemahan-kelemahan dan membenahi kekurangan-kekurangan sehingga kedepan lebih baik. LHP ini harus ditindaklanjuti Kepala Daerah masing-masing,” pungkasnya sembari menambahakan, peran DPRD dalam pengawasan juga harus benar-benar diterapkan, agar kedepan dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan pengelolaan. 
    Sementara Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD) saat di wawancarai oleh media ini usai menerima LHP tersebut mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti LHP tersebut, apa saja yang perlu diperbaiki. “Semua Kabupaten/ Kota yang menerima LHP hari ini, hasilnya belum efisien termasuk Minahasa. Jadi wajib bagi kita untuk memperbaiki.” Ujar Wabup RD. Lanjut dikatakannya, kedepan Yang pasti kita akan tindak lanjuti apa yang harus diperbaiki menurut LHP tersebut. “Kita akan melihat apa saja itu dan memerintahkan kepada semua yang terkait di Pemkab Minahasa untuk segera menindaklanjutinya,” kata RD. Diketahui Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) Semester II Tahun 2018, dari Badan Pemeriksa Keuangan Repoblik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, selain Kabupaten Minahasa, juga diserahkan kepada sejumlah Kabupaten/Kota. Turut hadir mendampingi Wabup RD, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, Inspektur Kabupaten Minahasa Frits Muntu SSos, Kepala Dinas Kesehatan Minahasa dr Yuliana Kaunang MKes, Dirut RSUD Sam Ratulangi Tondano dr Maryani Suromoto MBio Med dan Kepala Bagian Humas Protokol Setdakab Minahasa Drs Moudy Leonhard Pangerapan MAP. (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkab Minahasa Terima LHP Atas Efektivitas Sumber Daya Kesehatan Dari BPK -RI Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top