• Berita Terbaru

    December 11, 2018

    Elnusa News December 11, 2018

    Cegah Perdagangan Orang Di Minsel, Pengurus TP-PPO Dilantik

    MINSEL, Elnusanews- Berdasarkan data yang diperoleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A) Tahun 2017 lalu, ada sebanyak 8 kasus perdagangan anak di Kabupaten Minahasa Selatan yang dipekerjakan sebagai Pekerja Sex Komersial (PSK). Dari data tersebut, belum termasuk dengan kasus yang tidak terlapor dan bisa saja lebih banyak.

    Untuk menekan angka tersebut, pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A) RI, melalui Lembaga Terung Ne Lumimuut Sulawesi Utara, melakukan Pelantikan Pengurus Komunitas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (PP-TPPO) yang diselenggarakan di Aula Waleta Kantor Bupati.

    Ketua Lembaga Terung Ne Lumimuut Sulut, Pdt. Marhaeni Mawuntu menyampaikan bahwa, kasus yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan daerah lain. Kendati demikian masih harus dilakukan langkah pengawasan dan pencegahan, katanya.

    "Oleh karena itu, hari ini Selasa 11 Desember 2018 dibentuknya/lantik komunitas PP-TPPO di dua kecamatan yakni Tumpaan dan Amurang Barat" ucapnya.

    Lewat program ini diharapkan pengurus maupun anggota PP-TPPO yang baru saja dilantik bisa menjadi ujung tombak penanganan kasus ini. Serta diharapkan peran masyarakat untuk turut mengawasi serta melaporkan jika ada indikasi terjadinya perdagangan orang kepada dinas terkait, aparat kepolisian maupun PP- TPOO, jelas Mawuntu.

    Lewat pelantikan ini, Asisten II Decky Keintjem saya minta kepada seluruh camat untuk melakukan sosialiasi secara langsung maupun melalui hukum tua atau lurah terkait pencegahan perdagangan orang ini.

    Begitu juga kepada Dinas Dikpora untuk turut mensosialisasikan kepada pihak sekolah agar para siswa didik terhindar dari kasus tersebut. Sembari mengapresiasi kepada pihak kementerian melalui Lembaga Terung Ne Lumimuut Sulut yang telah berkenan memfasilitasi kegiatan ini, ungkap Keintjem lewat sambutan Bupati.

    (Rela)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cegah Perdagangan Orang Di Minsel, Pengurus TP-PPO Dilantik Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top