• Berita Terbaru

    December 07, 2018

    elnusanews/com , December 07, 2018

    Pemkab Minahasa Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan Di Danau Tondano

    MINAHASA, Elnusanews - Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, Jumat 7/12/2018 menebar ratusan ribu benih ikan di Danau Tondano. Penenbaran benih ikan yang berlangsung di objek wisata Sumaru Endo Kecamatan Remboken ini untuk mensejahterakan masyarakat nelayan diseputaran  danau Tondano.

    “sebagaimana penjabaran visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa dimana sektor unggulan adalah perikanan sehingga melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Minahasa melaksanakan  penebaran benih ikan atau restocking. Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga stok ikan di danau Tondano yang dampaknya mensejahterahkan masyarakat khususnya nelayan di seputaran danau Tondano,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Minahasa Ir. Hengky Kaunang dalam laporannya.

    Lanjut dikatakannya bahwa, kegiatan restocking ini sudah dilakukan dan telah berjalan dibeberapa titik diseputaran danau Tondano.

    “Penebaran sudah berjalan dibeberapa titik di daerah danau Tondano. Hari ini akan ditebarkan benih ikan sebanyak kurang lebih 150ribu. Untuk jumalah keseluruhan yang di tebarkan kurang lebih 400ribu, terdiri dari ikan nila dan mas.” Jelasnya

    Sementara Bupati Minahasa yang diwakili oleh Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi mengatakan bahwa Kabupaten Minahasa merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki peran strategis dan sangat potensial untuk kegiatan perikanan baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya.

    “Seiring dengan visi Kabupaten Minahasa yaitu Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera maka salah satu misi pemerintahan kami adalah mewujudkan kemandirian ekonomi dengan mendorong  sektor pertanian, perikanan dan pariwisata.” Kata Wabup Robby.

    Dijelaskannya bahwa Restocking ikan adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat tingkat pemanfaatan yang berlebihan.

    “Tujuan restocking selain menambah stock ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.” Ujarnya.

    Dikatanya juga, Penebaran ikan di perairan umum danau Tondano ini sesuai dengan arahan menteri kelautan dan perikanan Republik Indonesia ibu Susi Pudjiastuti, untuk memperkaya ikan di sumberdaya perairan yang ada sehingga dapat di manfaatkan oleh masyarakat sekitarnya, untuk meningkatkan pendapatan, mendukung ketahanan pangan dan juga meningkatkan nutrisi masyarakat.

    "untuk kedepannya saya berharap kegiatan restocking yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Minahasa saat ini, dijadikan contoh dan ditiru oleh masyarakat. Sehingga masyarakat mampu melakukan restocking dengan kesadaran sendiri,  dan apabila didukung dengan kearifan lokal akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan" Pungkasnya.

    Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Jeffry R Korengkeng SH M.Si, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa DR Denny Mangala M.Si,  Asisten II Pembangunan dan Perekonomian DR. Wilford Siagian MA, Kepala Dinas Perhubungan, Para Kabag, Camat dan Hukum tua,  kelompok-kelompok Pembudidaya ikan dan penangkap Ikan di daerah sekitaran danau Tondano.



    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkab Minahasa Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan Di Danau Tondano Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top