• Berita Terbaru

    May 12, 2019

    elnusanews/com May 12, 2019

    Bupati VAP Hadiri Musrembangnas 2019 di Jakarta

    JAKARTA, Elnusanews -- Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan, STh (VAP) menghadiri Musyawaran Perencanaan Pembangunan​ Nasional (Musrembangnas) tahun 2019, yang dibuka langsung Presiden RI Ir. Joko Widodo dan dihadiri​ bersama​ para gebernur, Walikota dan Bupati se-Indonesia. 

    Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Shangrila Jakarta. Pihak Kementerian PPN/Bappenas sebagai penyelenggara Musrenbangnas, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 menyebutkan, kegiatan ini sebagai bentuk koordinasi penyelarasan rencana pembangunan nasional dengan rencana pembangunan daerah

    Hal ini wajib dihadiri para pimpinan Lembaga Tinggi Negara, para Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, para Gubernur, para Bupati/Walikota, serta para pemangku kepentingan pembangunan lainnya. 

    Musrembangnas 2019 ini bertujuan dalam rangka penyusunan RKP Tahun 2020 dengan mengambil tema yaitu, "Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas". 

    Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam sambutan pembukaannya, menyampaikan peluang Indonesia menjadi negara terkuat dalam bidang ekonomi, dengan didukung kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai​ Visi Indonesia 2045 oleh Bappenas, gagasan Presiden Jokowi dikenal dengan nama Impian Indonesia 2045. 

    “Indonesi punya peluang besar menjadi​ negara ke-4 atau ke-5 terkuat ekonomi dunia di tahun 2045,” ujar Presiden. 

    Lanjutnya,​ dalam rangka mewujudkan visi Indonesia maju, fokus utama pembangunan bangsa adalah pembangunan manusia dengan pengentasan kemiskinan, penguatan infrastruktur, pengembangan nilai tambah industri, ketahanan pangan, energi, air dan lingkungan hidup, serta stabilitas dan ketahanan politik maupun sosial. 

    "Untuk menuju Indonesia maju perlu menyelesaikan berbagai pembangunan seperti Infrastruktur, konektivitas dengan pusat-pusat produksi, kawasan industri, sentra ekonomi, reformasi birokrasi, deregulasi dan debirokrasi, pemangkasan, organisasi semakin sederhana.​ Penyederhanaan perizinan, peningkatan investasi serta berorientasi pada ekspor dan substitusi barang-barang impor. Sumber daya manusia​ berkualitas dan berdaya saing tinggi, sehat dan produktif. Serta inovasi dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tambah Jokowi. 

    Sementara itu Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan mendukung penuh program dan sepakat dengan konsep pembangunan presiden dengan berharap tetap ada pemerataan pembangunan​ infrastruktur di daerah,​ serta tetap ada sinergitas dan koneksitas pembangunan pusat dengan daerah. 

    "Pemerintah Kabupaten Minut akan mendukung program Presiden RI Ir. Joko Widodo, yang akan menuju ekonomi terkuat dunia urutan ke lima tahun 2045 nanti. Dan usulan pembangunan Minahasa Utara tahun 2020 nantinya akan diusulkan dan dibahas dengan pemerintah pusat, mengingat Minut merupkan daerah yang memiliki pulau terluar sehingga ada perhatian khusus pemerintah pusat untuk menjadikan pulau-pulau terluar terdepan dan termaju," imbuh Bupati VAP yang didampingi Asisten Administrasi Pembangunan Drs Allan Mingkid, Kepala Bappelitbang Arnolus Wolajan, SSTP, M.Si dan Kabag Humas dan Protokol Chresto F. Palandi, SSTP, M.Si. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati VAP Hadiri Musrembangnas 2019 di Jakarta Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top