• Berita Terbaru

    May 13, 2019

    elnusanews/com , , May 13, 2019

    Untuk Kemanusiaan, Bupati Tetty Paruntu Donorkan 300cc Darah

    MINSEL, Elnusanews - Bertempat di Halaman Gereja GMIM Koinonia Ranomea, Kecamatan Amurang, Bupati Minahasa Selatan DR. Cristiany Eugenia Paruntu, SE ikut berpartisipasi dalam kegiatan Donor Darah. 


    Kegiatan yang dikemas dalam Baksos, sebagai upaya Palang Merah Indonesia (PMI) Minahasa Selatan untuk membantu masyarakat yang saat ini lagi membutuhkan pertolongan darah. 


    Selain donor darah, juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan sekaligus pengobatan gratis dengan partisipasi sendiri dari lansia serta jemaat/masyarakat setempat. Bupati Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Baksos PMI tersebut, ucapnya. 


    Dikatakanya, saat ini banyak sekali masyarakat sementara menjalani perawatan di RS, yang sangat membutuhkan pertolongan darah. Dan kepada siapa lagi mereka mendapatkan darah selain partisipasi dari masyarakat sendiri. Untuk itu saya mendorong kepada masyarakat Minahasa Selatan ikut berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan ini serta tidak takut mendonorkan darah, ungkapnya. 
    Lagi kata Bupati, donor darah khasiatnya sangat besar dalam tubuh manusia, seperti menjaga kesehatan jantung, membantu membakar kalori, membantu sirkulasi darah, menurunkan resiko terkena kanker, pembaruan sel-sel darah rutin, meningkatkan kesehatan psikologi, mencegah penuaan dini serta mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. 

    "Setetes darah yang telah kita berikan telah menyelamatkan satu jiwa", Pungkas Bupati tercantik Se-dunia. Dikesempatan pula, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Minahasa Selatan dr. Michaela Elsiana Paruntu, MARS mengatakan, darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. 

    Bila kita menyumbangkan darah melalui donor darah, dapat menyelamatkan satu kehidupan atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Namun, tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya, ucapnya. 

    Selanjutnya kata dr. micha, manfaat donor darah tidak hanya itu saja. Bagi pendonor, pemeriksaan ini tentu saja berguna untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu secara dini. 


    Jadi selain membantu orang lain yang membutuhkan darah, Anda juga dapat mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma. Katanya pula, manfaat donor darah juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh. Zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. 

    Hasil dari proses oksidasi tersebut dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. 

    "Melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker dan sebagainya. Dan selaku pengurus PMI Minahasa Selatan sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah (CEP-FDW) yang terus mensuport kegiatan sampai saat ini, terang dr. MEP. Dalam Baksos yang dilaksanakan pada, Senin 13 Mei 2019, Bupati Tetty Paruntu mendonorkan darahnya sebanyak 300 cc. Ini melebihi standar pendonor yang hanya 250 cc. Advetorial
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Untuk Kemanusiaan, Bupati Tetty Paruntu Donorkan 300cc Darah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top