• Berita Terbaru

    October 13, 2021

    Elnusanews October 13, 2021

    RDP Dengan Dinas PU, STELLA RUNTUWENE Minta Pemerintah Buatkan Bronjong dan Talud Di DAS Ranoyapo dan Pesisir Pantai Tumpaan

    DEPROV,Elnusanews -- Srikandi DPRD Sulut dapil Minsel-Mitra Stella Runtuwene meminta agar pihak pemerintah provinsi dapat membuat bronjong di daerah aliran sungai Ranoyapo guna mencegah abrasi.

    Hal ini disampaikan politisi Nasdem ini, saat Komisi III DPRD Sulut menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provnsi Sulut. Rabu (13/10/21) siang.

    Menurut Stella, hal ini sudah pernah disampaikannya kepada pihak Balai Sungai, namun Balai Sungai mengatakan bahwa itu merupakan kewenagan dari provinsi.

    "Terkait bronjong atau talud, kemarin saya bertemu dengan Balai Sungai tapi mereka bilang untuk sungai Ranoyapo kewenangan di provinsi dan ini saya sudah tanyakan ke pihak Balai Sungai. Jadi saya memohon agar supaya dari pihak PU juga untuk membuat kembali sungai Ranoyapo semacam bronjong agar supaya tidak terjadi abrasi," tegasnya

    Dikatakannya pula, jika hal tersebut dibiarkan maka lama kelamaan masyarakat terancam kehilangan tempat tinggal mereka.

     "Dimulai dari kawangkoan bahwa sampai di desa Lopana, karena saya sudah beberapa kali dari Kawangkoan bawah-Rumoong bawah sampai Lopana itu nyambung. Jadi kalau bisa tolong itu dibikin karena tanahnya semakin jatuh semakin jatuh masyarakat akan kehilangan tempat tinggal," pintanya.

    Hal lain yang tak kalah pentingnya menurut Stella adalah pembuatan talud di Desa Tumpaan.

    "Kedua di Tumpaan, kalau bisa dibuat juga, karena ditumpaan itu kalau misalnya terjadi abrasi masyarakat disitu ada puluhan rumah. Kalau itu juga kita tidak bantu membuatkan talud atau pemecah ombak, katanya besar. Jadi untuk saat ini untuk menahan air ombak itu agar tidak menngenai pemukiman mereka dibuatkan aja dulu talud pak. Kasihan mereka. Itu kurang lebih 300 meter," ungkapnya.

    Talud ini menurutnya juga sudah sangat mendesak, dari pada membangun di wilayah hutang yang tidak ada penduduknya.

    "Jadi kalau saya bisa usulkan agar segera dibuatkan, karena itu statusnya emergency. Karena kalau kita mau membuat jalan jalan yang melewati hutan yang tidak ada penduduknya, mendingan kita membuat yang langsung menyentuh dengan masyarakat. Karena ini menyangkut keselamatan jiwa mereka juga," tutup politisiyang dikenal vokal ini. (RaKa)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: RDP Dengan Dinas PU, STELLA RUNTUWENE Minta Pemerintah Buatkan Bronjong dan Talud Di DAS Ranoyapo dan Pesisir Pantai Tumpaan Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top