• Berita Terbaru

    February 12, 2015

    elnusanews/com February 12, 2015

    Mengenang 14 februari 1946, Warga di Himbau Pasang Bendera Merah Putih

    SULUT,Elnusanews - Peristiwa merah putih di Manado merupakan bagian dari serangkaian peristiwa yang terjadi di Indonesia ketika pihak Sekutu berusaha untuk mengambil alih kembali kekuasaan akan Indonesia terlepas dari telah dideklarasikannya kemerdekaan oleh Soekarno dan Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945.
    Peristiwa ini sendiri terjadi pada tanggal 14 Februari 1946 dan merupakan gerak militer dari pasukan KNIL kompi VII yang pada saat itu ada di bawah pimpinan Ch. Taulu, dimana mereka kemudian merebut kekuasaan di beberapa lokasi di Indonesia dengan bantuan rakyat seperti Manado, Tomohon, dan Minahasa.
    Dari percobaan perebutan kekuasaan tersebut, ada sekitar 600 orang pasukan Belanda dan pejabat tinggi mereka yang berhasil ditawan. Pertempuran ini berakhir pada tanggal 16 Februari dimana mulai bertebaran sebuah selebaran berisi pernyataan perebutan kekuasaan di seluruh Manado oleh bangsa Indonesia.
    Untuk memperingati peristiwa bersejarah tersebut, pemerintah provinsi sulut menyampaikan kepada seluruh Bupati Walikota se provinsi sulut, Kepala SKPD di lingkungan Pemprov Sulut, pada kepala instansi dan masyarakat untuk memasang bendera merah putih satu tiang di Kantor, sekolah dan rumah penduduk pada hari sabtu 14 februari 2015 (besok hari), demikian di sampaikan Sekprov Sulut Ir Siswa R Mokodongan  melalui surat pemberitahuan yang ditujukan kepada seluruh Bupati/Walikota se-Sulut, Kepala SKPD dilingkungan Pemprov serta Kepala Instansi vertikal di Sulut . (roker)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mengenang 14 februari 1946, Warga di Himbau Pasang Bendera Merah Putih Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top