• Berita Terbaru

    February 09, 2015

    elnusanews/com , February 09, 2015

    Pagelaran Adat Tulude Tingkat Provinsi Resmi di Gelar

    BERITA ADVETORIAL : Tulude Tingkat Provinsi Berlangsung Spektakuler

    SHS dan Ny Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun serta Wagub Kansil dan Ny Mieke Kansil Tatengkeng larut dalam Tari Masamper
    SULUT,Elnusanews - Pagelaran adat Tulude 2015, yang dilaksanakan Forum Komunikasi Masyarakat Nusa Utara (FKMNU) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulut melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulut  dilapangan Koni Sario Manado, Sabtu (7/2) malam berlangsung spektakuler.
    Setidaknya ada sekitar lima ribu lebih warga Nusa Utara (Nustar) yang tersebar di Bumi Nyiur Melambai, termasuk Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang bersama Ibu Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, Wagub Dr Djouhari Kansil MPd yang juga selaku Ketua Umum FKMNU bersama Ibu Mieke Kansil Tatengkeng, unsur Forkopimda Sulut,  Dubes RI untuk Serbia Montenegro James Kandou SH, mantan Direktur Penindakan BNN Irjen Benny Mamoto, Wakil Konjen Philipina di Manado Jan Wenceslao serta sejumlah tokoh nustar diantaranya Ketua IKISST Sulut Drs Hengky Baramuli SH bersama isteri larut dalam suasana pesta adat yang memiliki ritual keagamaan itu.
    Wagub Kansil saat memberikan sambutan dalam Tulude 2015
    Gubernur menyatakan rasa syukurnya karena Provinsi Sulut dianugerahi Tuhan dengan ragam kekayaan seni budaya yang dimiliki oleh tiga etnis besar yang mendiami negeri ini, yaitu Minahasa, Nusa Utara dan Bolaang Mongondow yang merupakan warisan dari para leluhur kita. Tapi sebelumnya Sulut memiliki  empat etnis besar yang disebut Bohusami, sebelum Gorontalo menjadi Provinsi, namun demikian pagelaran seni budaya gorontalo setiap tahun di laksanakan di manado oleh Pemprov Gorontalo, ini pertanda kebersamaan kita dengan warga Gorontalo tetap terpelihara dengan baik.
    SHS saat memberikan sambutan dalam gelar Tulude tingkat Provinsi
    Lanjut SHS menyetujui usul dari Wagub Sulut, bahwa guna menopang program pembangunan Pariwisata Sulut kiranya setiap tanggal 7 Pebruari dijadikan iven tetap tahunan perayaan tulude tingkat Provinsi Sulut, mendahului  Perda, nanti akan saya buatkan Pergub agar tulude tingkat provinsi bisa dilaksanakan setiap tahun, janji SHS. Wagub menyebutkan,  tulude 2015 mengusung Tema "Sengkanaung Supegaghighile, Lumempang Sengkalempang, Melaging Pato Pebawiahe" yang bermakna "Erat Bersatu, Berjalan dan Berkarya Bersama". Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulut Ir Happy T.R Korah MSi merasa bersyukur karena Ibadah perayaan tulude dapat berjalan lancar, karena Tuhan memberikan cuaca yang begitu baik, walaupun sejak pagi hingga siang hari hujan terus menguyur Manado. Tapi kami yakini semua itu bisa terjadi karena Tuhan mendengar semua doa-doa yang kita panjatkan,  sehingga acara-demi acara bisa berlangsung sukses dan spektakuler, ujar mantan Kepala BPMD.
    Spektakular Masamper bersama SHS dan Wagub didampingi istri masing -masing meriahkan Tulude 2015
    Usai tulude dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya nustar yang menampilkan tarian masamper,empat wayer, musik bambu, paduan suara Pniel Tuna, serta tarian kabela dari Nyong dan Noni Sulut.  Hadir pula Walikota ManadoVecky Lumentut, Wawali Harley Mangindaan selaku Wakil Ketua Umum Panpel yang telah menyampaikan ucapan terima kasih, Bupati Minut Sompie Singal, Wabup Julisa Baramuli SH selaku Ketua Umum Panpel yang telah menyampaikan ucapan selamat datang, Bupati Sitaro Toni Supit, Wabup Sangihe Jabes Ghagana,  para pejabat teras serta rukun-rukun nustar.
    Berita Advetorial (roker)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pagelaran Adat Tulude Tingkat Provinsi Resmi di Gelar Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top