• Berita Terbaru

    February 18, 2015

    elnusanews/com February 18, 2015

    Wagub Kansil : Keuangan Desa Harap di Kelola dengan Baik

    Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd Saat memberikan sambutan
    SULUT,Elnusanews - Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd, mengingatkan  seluruh  kepala desa (kades) harus mampu mengelola keuangan desa dengan sebaik-baiknya. Permintaan Wagub tersebut disampaikan disela-sela pembukaan Sosialisasi Undang Undang RI No: 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Hajatan yang digagas BPMPD Sulut menampilkan pembicara utama  Direktur Pemerintahan Desa (Pemdas) Ditjen PMD Kemendagri DR Eko Prasetyanto PP MSi MA, di Graha Bumi Beringin Manado, Rabu (18/2).
     

    Menurut Kansil, UU Desa ini telah  mengatur mengenai sumber-sumber pendapatan desa berupa pendapatan asli desa, bagi hasil pajak daerah kab/ko, serta perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima kab/kota serta hibah dan sumbangan yang tidak mengikat dari pihak ketiga.  Peraturan ini jelas mengatur sumber pendapatan desa yang secara keseluruhan digunakan untuk mendanai seluruh kewenangan yang menjadi tanggungjwab desa termasuk alokasi dana desa (ADD) yang dibiayai dari dana APBN mutlak dipertanggungjawabkan sehingga dikemudian hari tidak akan berdampag pada masalah hukum, jelas Kansil. 

    Kepala BPMPD Sulut Ruddy Mokoginta SE MTP maksud dan tujuan sosialisasi ini untuk mengsinkronisasikan dan sinergitas penyelenggaraan pemerintahan desa sesuai UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa serta untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan sumberdaya aparatur dalam penylenggaraan perintahan pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa. Pesertanya berjumlah 1350 oraqng terdiri dari para Bupati, Kepala BPMPD, Kepala Bapeda, Inspentur, Camat, kadesa dan Sekdes Kab. Talaud, Sangihe, Bolmut, Boltim, Minahasa, Minut, Mitra, Minsel dan Kotamobagu, tambah Mokoginta. (roker)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wagub Kansil : Keuangan Desa Harap di Kelola dengan Baik Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top