• Berita Terbaru

    April 17, 2016

    Elnusanews , April 17, 2016

    Tuuk : Progress 95 Persen Sampai Dengan 100 Persen, Namun Out Putnya Tidak Dilaporkan


    DEPROV,Elnusanews - Sekira 2 Triliyun lebih anggaran yang dialokasikan di tahun 2015 untuk pemerintah provinsi Sulawesi Utara (SULUT) telah terserap sepenuhnya bagi pembangunan di Sulut.

    Hal tersebut sebagaimana telah disampaikan dalam pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sulawesi Utara (SULUT) Tahun Anggaran (TA) 2015 yang disampaikan oleh masing-masing kepala SKPD.

    Namun menurut Sekertaris Pansus LKPJ, Julius James Tuuk, dalam pembahasan LKPJ harusnya kepala SKPD memberikan laporan tentang bukan hanya pencapaian disisi keuangan, namun harus dilaporkan juga  dampak dari anggaran yang telah dipakai.

     "Saya melihat dari sisi ini, besarnya uang rakyat dihabiskan dengan dampak yang dihasilkan itu yang saya ingin tahu," tegas Tuuk.

    Tuuk juga menyayangkan rata-rata setiap kepala SKPD melaporkan bahwa progress pencapaian  95 persen sampai dengan 100 persen, namun out putnya tidak laporkan.

    "Contohnya, saya mendapatkan anggaran sekian miliyar, pencapaian saya 95 persen atau 100 persen , saya nggak mau lihat itu. Yang saya mau butuhkan sebetulnya, dengan uang sebesar ini dampak terhadap kesejahteraan rakyat ada dimana, dan sampai sejauh mana. Itu yang saya inginkan,karena goals besarnya ada disitu," ungkap Tuuk kepada sejumlah wartawan.

    Tuuk menambahkan sebenarnya penggunanan anggaran APBD yang dipercayakan oleh konstitusi untuk dikelola oleh pemerintah, harusnya berpihak kepada masyarakat kecil.

    "Jadi sebetulnya, penggunanan anggaran APBD yang dipercayakan oleh konstitusi dikelola oleh pemerintah, itu harusnya berdampak kepada kesejahteraan rakyat, ini yang kita tidak lihat dalam pembahasan LKPJ ini," ujarnya.

    Ia berharap ditahun 2016 nanti SKPD harus bisa menjelaskan kepada rakyat bahwa anggaran yang dialokasikan tersebut dapat memberikan kontribusi kesejahteraan bagi rakyat.


    "Karena fokus kita mengentaskan kemiskinan. itu yang harus kita fokus. bukan hanya sekedar menjelaskan saja," pungkasnya. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tuuk : Progress 95 Persen Sampai Dengan 100 Persen, Namun Out Putnya Tidak Dilaporkan Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top