• Berita Terbaru

    April 17, 2016

    Elnusanews , April 17, 2016

    Melki Suawah, From Zero To Hero

    Foto : Melki Suawah. SP
    MANADO,Elnusanews – Sekretaris DPD Gerindra Sulut Melki Suawah yang akhir-akhir ini banyak memegang peran penting di partai berlambang kepala burung garuda ini adalah salah satu tokoh pemuda yang pantas dibanggakan yang terlahir dari keluarga sederhana.

    Pria ganteng kelahiran Manado pada 22 Mei 1981 sebenarnya mulai   dikenal masyarakat  Manado saat menjadi pemimpin mahasiswa Unsrat di tahun 2003. Sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian dan salah satu pentolan   pergerakan mahasiswa   Unsrat ketika menolak   tindakan semena-mena pemimpin baru universitas (Rektor) yang menaikan biaya SPP Mahasiswa hingga 300 persen saat itu.

    Namanya kerap mengisi pemberitaan media surat kabar dan TV lokal di Sulawesi Utara, sikap   dan pernyataannya   yang sangat militan   memperjuangkan kepentingan mahasiswa Unsrat, bahkan kepentingan masyarakat Sulut yang akan dilukai dengan naiknya biaya pendidikan di Unsrat.

    Melki Suawah yang juga adalah ketua DPC Gerindra Minut sebenarnya sejak masih sekolah memang bakat berorganisasinya sudah  terlihat, Melki adalah mantan ketua OSIS di SMU Negeri 4 Manado dan juga merupakan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kotamadya Manado tahun 1997.

    Ketika menjadi Ketua Senat Mahasiswa, dia aktif mengikuti kegiatan-kegiatan seminar dan pelatihan mahasiswa pertanian hingga ke tingkat nasional, dan tergabung dalam organisasi Ikatan Senat   Mahasiswa Pertanian   Indonesia (ISMPI),   organisasi yang mewadahi seluruh mahasiswa pertanian di semua Universitas dan Perguruan Tinggi di Indonesia.  

    Organisasi Mahasiswa   (ISMPI) inilah yang   menggagas sehingga   lahirlah organisasi Pemuda Tani HKTI di tahun 2004-2005. Setelah menamatkan   kuliah di Fakultas   Pertanian Unsrat, tahun   2005  bergabung di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sulawesi Utara yang diketuai oleh DR. Lucky Longdong, MEd, dan   terlibat aktif dengan   kegiatan-kegiatan pertanian di Sulut, kemudian ditunjuk menjadi Ketua Pemuda Tani HKTI Sulawesi Utara tahun 2006.

    Tahun 2008 ketika  Partai Gerakan  Indonesia  Raya  (Gerindra) didirikan oleh Prabowo Subianto yang juga adalah Ketua Umum HKTI saat itu, maka kader-kader HKTI yang belum tergabung dengan partai politik manapun ikut masuk dan diminta membesarkan partai Gerindra. 

    Disinilah langkah awal Melki Suawah bergabung dengan Partai Politik. Mayjen TNI (Purn) Glenny Kairupan yang mendapat mandat memimpin Partai GerindraProvinsi Sulawesi Utara menempatkannya sebagai salah satu pengurus di DPD (Dewan Pimpinan Daerah), yaitu Wakil Ketua DPD bidang Pemuda dan Mahasiswa.

    Pada 2009 ia dipercaya sebagai Ketua Panitia Pelaksana Musyawarah Daerah(Musda) HKTI Sulawesi Utara yang kemudian ia dipercaya menjadi Sekretaris DPD HKTI Sulut yang juga menjadi Sekretaris DPD HKTI paling muda usianya di Indonesia saat itu.

    Kemudian selanjutnya ditahun 2015 Melki Suawah dipercayakan oleh Prabowo Subianto dan Fadli Zon menjadi Ketua DPD HKTI Sulawesi Utara masa bakti tahun 2015-2020.

    Melihat kinerja pemuda bertubuh tegap ini, Partai Gerindra Sulut pada tahun 2013 mulai memberikan kepercayaan kepadanya, dimana Mayjen Glenny Kairupan  kemudian   memberikan mandat menjalankan sejumlah   tugas strategis, mulai   dari Ketua Tim Komunikasi Partai Gerindra Sulut, 

    Sekretaris Tim Penjaringan Calon Anggota Legislatif, Sekretaris BAPPILU   Sulut, hingga kemudian jabatan Sekretaris   Dewan Pimpinan   Daerah dibebankan   dipundaknya, sebuah   kepercayaan dan   amanah yang begitu   tinggi.

    Sekretaris DPD Partai  Gerindra Sulawesi Utara   ini telah bahu membahu   bekerja membangun   Partai  Gerindra Sulut   bersama Mayjen  Glenny   Kairupan sejak Pemilu Legislatif 2014 hingga  Pilpres kemudian  Pilkada di tahun 2015.

    Sejak ia menjabat sebagai sekretaris Gerindra Sulut mendampingi Ketua partai Gleny Kairupan, setidaknya Gerindra berhasil mendapat 54 kursi (47 kursi DPRD Kab/Kota, 6 kursi DPRD Provinsi, 1 kursi DPR-RI).

    Peningkatan yang luar biasa mengingat pada Pemilu 2009, hanya memiliki 23 kursi di DPRD. Menjelang   pelaksanaan PILKADA   9 Desember 2015,   lewat sidang Komisi   Etik dan Kehormatan Partai Gerindra tanggal   3 November di Kantor   DPP Gerindra, menunjuk dirinya untuk menjadi Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Minahasa Utara, kemudian langsung diikuti dengan Surat  Keputusan DPP Gerindra tertanggal 4 November 2015 yang ditanda-tangani oleh Prabowo Subianto.

    Melki Suawah adalah   pribadi yang   menyenangkan karena   rendah hati dan pintar menempatkan diri. Dikenal lowprofile, mudah akrab dengan orang, tetapi juga cerdas dan berwibawa. Siapa   sangka anak pertama   dari 2 bersaudara yang   lahir dari keluarga sederhana, seorang ayah yang hanya pegawai negeri bergolongan rendah serta Ibu yang sederhana, tetapi di usia yang masih muda sudah menjadi pemimpin salah satu partai politik besar dan sangat berpengaruh.

    Sangat jarang saat ini kita temukan seorang muda dengan latar belakang yang bukan berasal dari keluarga pejabat atau juga bukan lahir dari keluarga kaya dapat mencapai posisi seperti itu.
    Tetapi itulah dia, sosok pengagum Prabowo Subianto ini dilingkungan organisasi yang digelutinya, dikenal sangat berdedikasi dan pemberian dirinya selalu jadi panutan.


    BIODATA Melki Markos Suawah, SP.
    Tempat Tanggal Lahir : Manado, 22 Mei 1981
    Alamat : Matungkas Kec. Dimembe Minahasa Utara
    Pendidikan : 
    1. SD Negeri 2 Manado
    2. SMP Negeri 1 Manado
    3. SMU Negeri 4 Manado
    4. Fakultas Pertanian Unsrat Manado

    Nama Ayah  : Mantje Suawah (57)
    Nama Ibu  : Ellen Worotikan (57)

    Istri : Meilanny Ticoalu, SP.
    Anak :
    1. Eunice Miracle Putri Suawah (8)
    2. Alicia Madeline Putri Suawah (4)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Melki Suawah, From Zero To Hero Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top