• Berita Terbaru

    April 21, 2016

    Elnusanews April 21, 2016

    JWS Buka Rapat EPPA, SKPD Proaktif Laporkan Serapan Anggaran

    MINAHASA,Elnusanews – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi menegaskan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Minahasa agar proaktif dalam melaporkan serapan anggaran yang diinput secara online di Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Minahasa.



    Hal ini diungkap JWS kala dirinya membuka pelaksanaan Rapat Pimpinan Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (EPPA) tahun anggaran 2016, Kamis (21/04), bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati, Tondano.



    Pasalnya, dalam EPPA ini terungkap bahwa, hampir semua SKPD di Minahasa, secara khusus di tiap Kecamatan, baru memasukkan laporan rata-rata di bawah 30 persen. Sedangkan, beberapa SKPD mengaku masih bingung karena tidak memiliki tenaga teknisi IT khusus untuk membuat pelaporan.“Hampir semua SKPD masih minim soal laporan serapan anggaran. Kami minta agar tiap-tiap SKPD lebih proaktif dalam melaporkan serapan anggara. Bila belum paham masalah IT karena semua laporan diinput secara online, sebaikknya penanggung jawab di SKPD bertanya kepada Bagian Pembangunan di Setdakab Minahasa agar bisa diajari,” tandas JWS.



    JWS kemudian meminta pimpinan SKPD untuk serius melaksanakan program kegiatan sesuai RKA serta wajib melaporkan realisasi anggaran tersebut.



    Sementara, EPPA yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati Ivan SJ Sarundajang dan Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi ini sendiri, diawali dengan laporan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Minahasa Indra Purukan SST MMT selaku Pejabat Penghubung EPPA.



    Dalam laporannya, Indra Purukan menyampaikan bahwa tujuan kegiatan untuk menemukenali permasalahan dan kendala yang dihadapi SKPD dalam pelaksanaan program kegiatan serta upaya-upaya yang dilakukan untuk percepatan realisasi anggaran, dimana untuk Triwulan I capaian keseluruhan 8.2% dari proyeksi target 11%, artinya masih ada SKPD yang belum melaksankan kegiatan sesuai rencana yang disusun SKPD itu.“Kedepan, diharapkan Penghubung/Operator EPPA SKPD akan rutin melaporkan realisasi di web monev online yang dipantau langsung oleh Sekretariat Kepresidenan RI,” ungkap Purukan.



    Wabup Ivansa menambahkan, percepatan realisasi anggran akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Untuk itu, dirinya juga berharap kerja sama yang baik dari masing-masing SKPD agar supaya pelaporan serapan anggaran ini bisa berjalan baik dan mendapat penilaian yang baik pula dari pemerintah pusat.
    Rapat Pimpinan EPPA ini sendiri diikuti oleh para Asisten, Staf Ahli, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Bagian dan Camat se- Kabupaten Minahasa.(Jeffry)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: JWS Buka Rapat EPPA, SKPD Proaktif Laporkan Serapan Anggaran Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top